Indonesia Patriots Diminta Kurangi Kesalahan Jelang Laga Terakhir Seri I Lawan Dewa United
Pelatih Indonesia Patriots Milos Pejic (IBL)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih tim basket Indonesia Patriots Milos Pejic meminta timnya untuk meminimalisir kesalahan besar jika ingin mendapat hasil lebih baik di kompetisi basket IBL 2022. 

Pejic menyampaikan hal tersebut menjelang Patriots menghadapi Dewa United Surabaya di hari terakhir seri pertama IBL 2022, di Hall Basket Senayan, Jakarta, Jumat, 22 Januari. 

”Mungkin kami akan lebih mewaspadai pemain-pemain Dewa United yang lebih senior dan lebih berpengalaman. Kemudian kembali pada evaluasi kami bahwa para pemain harus  bisa mengurangi kesalahan dasar,” kata Pejic dalam keterangan tertulis yang diterima oleh VOI.

Patriots yang diproyeksikan menjadi penerus tim nasional basket Indonesia mengawali seri pertama IBL dengan sejumlah hasil yang kurang memuaskan. Mereka telah menerima dua kekalahan dari tiga pertandingan yang dijalani.

Kekalahan perdana dirasakan anak asuh Pejic ketika berjumpa dengan Bali United pada 16 Januari lalu. Sementara itu kekalahan lainnya mereka derita saat menghadapi Amartha Hangtuah Jakarta di pertandingan terbaru.

Satu-satunya kemenangan yang diperoleh oleh Ali Bagir Alhadar dan kawan-kawan adalah ketika menghadapi tim debutan Evos Thunder Bogor. Ketika itu, Patriots menang tipis 58-53.

Pejic mengatakan bahwa timnya harus lebih percaya diri ketika menghadapi tim dengan modal pemain yang lebih berpengalaman. Kepercayaan diri akan membuat pemain punya konsentrasi lebih menerapkan strategi yang instruksikan oleh pelatih.

”Fokus kami bagaimana meningkatkan kepercayaan diri pemain dan menjaga kondisi fisik tim, serta pemahaman strategi tim pelatih. Masa depan tim ini bagus karena beberapa pemain sudah menemukan kepercayaan diri,” ujar Pejic.

Patriots harus lebih waspada saat menghadapi Dewa United Surabaya. Terlebih calon lawan tim yang menjadi cikal bakal timnas basket Indonesia itu diisi pemain-pemain yang punya naluri pembunuh seperti Jamarr Andre Johnson. 

Selain itu, barisan pemain muda Dewa United juga tidak boleh dianggap remeh. Tercatat ada nama Lucky Abdi dan Nikholas Mahesa yang bisa saja merepotkan.

IBL 2022 bakal diselenggarakan dalam enam seri di enam kota. Setelah seri Jakarta, berlanjut ke Bandung pada 29 Januari-5 Februari, Yogyakarta pada 10-16 Februari, Solo 3-9 Maret, Surabaya 13-19 Maret dan Denpasar 24-30 Maret.