Demi SEA Games Hanoi, Indonesia Patriots Comot Pemain Pelita Jaya dan Satria Muda pada Lanjutan IBL 2022
Indonesia Patriots. (Foto/Dok.PERBASI)

Bagikan:

JAKARTA – Tim basket Indonesia Patriots mulai mengenjot persiapan menghadapi SEA Games 2022 Hanoi. Terbaru mereka mengajukan permohohan untuk mengambil tiga pemain tambahan dari klub lain di lanjutan IBL 2022.

Dinukil dari laman IBL, permohonan tersebut disampaikan lewat surat PP Perbasi nomor 30/PP/DN/II/2022 kepada Direktur Utama IBL per tanggal 23 Februari 2022. Surat itu ditandatangani Ketum PP Perbasi Danny Kosasih.

"Hal tersebut PP PERBASI lakukan sebagai salah satu bentuk persiapan Tim Nasional Bola Basket Elite dalam rangka mempersiapkan rangkaian kegiatan mendatang, di mana diperlukan persiapan dan kesiapan yang matang," demikian bunyi surat permohonan itu.

Tiga nama yang ditambahkan dalam roster Indonesia Patriots adalah Hendrick Xavi Yonga dan Yesaya Alesandro Saudale dari Pelita Jaya Bakrie serta Kelvin Sanjaya dari Satria Muda Pertamina.

Sebenarnya IBL memiliki peraturan tak boleh ada penambahan roster. Namun, ada pengecualian bagi Indonesia Patriots karena mereka tidak akan melanjutkan kompetisi ke babak play off.

Untuk itu, Direktur Utama IBL Junas Miradiarsjah menyambut baik permintaan dari PP Perbasi tersebut. Mereka memberi respons positif sebagai bentuk dukungan untuk tim nasional Indonesia yang siap tampil di ajang multi cabang sekawasan Asia Tenggara itu.

"PP Perbasi dan tim nasional juga sudah melakukan koordinasi dengan klub asal pemain masing-masing. Jika tim asal mereka masuk ke babak play off, pemain-pemain tersebut dapat kembali memperkuat tim asal mereka," kata Junas.

SEA Games 2022 Hanoi di Vietnam akan berlangsung pada 13-22 Mei. Ajang SEA Games tersebut menjadi salah satu rangkaian persiapan dan uji coba menuju FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta pada bulan Juli.