Nasib Pemain Indonesia Patriots, Nganggur Meski IBL Dilanjutkan
Pemain Indonesia Patriots, Andakara Prastawa (Foto: IBL)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) akan dilanjutkan pada 4 September mendatang. Namun, tim Indonesia Patriots dipastikan tak akan ikutan. Lantas bagaimana nasib para pemainnya?

Tim Indonesia Patriots adalah kumpulan pemain yang ikut pemusatan latihan timnas Indonesia. Sesuai kesepakatan IBL dan para klub peserta, tim ini hanya ikut musim reguler dan tidak masuk play-off. Seperti diketahui, IBL akan dilanjutkan langsung ke babak play-off sehingga Indonesia Patriots tak akan ikut serta.

Muncul keinginan dari pemain untuk kembali ke klub masing-masing. Namun, keinginan itu tak bisa terwujud. Seluruh klub IBL sepakat para pemain yang sudah bergabung dengan Indonesia Patriots tak bisa lagi ditarik klub asal mereka. Kesepakatan itu bahkan sudah diambil sejak awal.

Pemain Indonesia Patriots, Andakara Prastawa mengaku bisa memahami hal ini. Dia sebenarnya sangat ingin kembali ke klub asalnya Pelita Jaya, tetapi dia ingin menghormati regulasi.

"Sejujurnya ingin sekali main membela Pelita Jaya kalau IBL dilanjutkan. Namun, aturannya seperti itu, saya harus menghormati,"

Pemain Indonesia Patriots, Andakara Prastawa
 

Sebagai liga yang profesional, IBL memang tak memperbolehkan perubahan roster selain di tengah musim atau jeda kompetisi. Hal ini terikat oleh aturan yang diterapkan operator kompetisi. Untuk itu, IBL berharap klub tetap dengan roster yang ada.

Seperti diketahui, IBL juga sudah menetapkan klub tak diperbolehkan memakai jasa pemain asing karena alasan keselamatan. Jadi hanya pemain lokal yang bisa diandalkan untuk mengarungi sisa kompetisi.

Berikut ini adalah nama pemain Indonesia Patriots dan klub asalnya:

Abraham Damar Grahita (G) Stapac Jakarta

Andakara Prastawa Dhyaksa (G) Pelita Jaya Jakarta

Arki Dikania Wisnu (F) Satria Muda Jakarta

Brandon Van Dorn Jawato (F) Louvre Surabaya

Hardianus Lakudu (G) Stapac Jakarta

Kaleb Ramot Gemilang (F) Stapac Jakarta

Kevin Yonas Argadiba Sitorus (F) Satria Muda Jakarta

Laurentius Steven Oei (F) Satria Muda Jakarta

Lester Prosper (C) Pemain Asing

Mei Joni (G) Stapac Jakarta

Muhammad Hardian Wicaksono (F) Pacific Caesar Surabaya

Vincent Rivaldi Kosasih (C) Satria Muda Jakarta