Jadi Juara Proliga 2022, Menpora Nilai Pembinaan Bogor Lavani Patut Jadi Contoh Klub Lain
Bogor Lavani (Instagram @proliga_official)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memuji pembinaan yang dilakukan tim voli putra Bogor Lavani. Pembinaan itu dinilai perlu menjadi contoh bagi klub-klub voli lain nasional lainnya.

Bogor LavAni sukses merengkuh gelar Proliga 2022 meski berstatus pendatang baru di kasta voli tertinggi Indonesia itu. Trofi berhak mereka bawa pulang usai mengalahkan Surabaya Bhayangkara Samator 3-2 (25 - 27, 25-19, 20-25, 25-18, dan 15 -10) di GOR Padepokan Voli Jenderal Polisi Kuntoro, Sentul, Bogor Jawa Barat, pada Minggu, 27 Maret malam.

"Ini sebagai pertanda kalau pembinaannya sungguh-sungguh. Saya berharap ini menjadi contoh yang baik buat klub-klub yang lainnya," ujar Amali dalam keterangan resmi di situs Kemenpora yang dikutip VOI.

Dalam debutnya Bogor LavAni banyak diperkuat pemain-pemain muda kecuali nama-nama seperti Doni Haryono, Dio Zulfikri, dan Malizi. Adapun untuk pemain asing, Bogor mengandalkan Leandro Martins (Brasil) dan Jorge Gonzalez Garcia (Kuba).

Sementara itu, Surabaya Bhayangkara Samator didukung skuad berpengalaman pada tahun ini. Selain itu, mereka bertarung di final dengan status juara bertahan.

"Mudah-mudahan persaingan untuk kompetisi Proliga tahun depan semakin seru, semakin ketat dan akhirnya tim nasional kita yang akan terbentuk, yang lahir dari kompetisi Proliga adalah tim nasional yang tangguh dan kuat, dan membanggakan seluruh bangsa Indonesia," ujar Menpora.

"Saya berharap para sponsor untuk kompetisi musim yang akan datang akan lebih banyak lagi, semakin banyak. Dan kita sudah bisa dihadiri oleh penonton mudah-mudahan cabang olahraga Bola Voli ini akan semakin bergairah dan masyarakat akan semakin senang dengan olahraga Bola Voli. Mudah-mudahan industri olahraga akan juga menjadi salah satu pembangkit untuk pertumbuhan ekonomi nasional," ia melanjutkan.

Bogor LavAni merupakan tim yang didirikan oleh mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tim ini dibentuk SBY sebagai tribut untuk sang istri, Ani Yudhoyono, seperti tercermin dari nama klub.