Shin Tae-yong Enggan Bocorkan Strategi Timnas Indonesia vs Australia, meski Sudah Belajar dari Uzbekistan
Shin Tae-yong merahasiakan strategi Timnas Indonesia vs Australia (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menghadapi Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Minggu, 28 Januari 2024.

Austrila sangat superior di Grup B yang juga dihuni Suriah, Uzbekistan, dan India. Mereka mengoleksi tujuh poin dari hasil dua kali menang dan satu seri.

Satu-satunya hasil seri didapat saat melawan Uzbekistan. Sekaligus, Uzbekistan menjadi satu-satunya tim yang berhasil membobol satu gol ke gawang Australia.

Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia mengakui sudah mempelajari kekuatan Australia selama babak grup.

Namun, dia enggan membocorkan strategi Skuad Garuda nanti saat menghadapi Socceroos.

"Sangat sulit buat saya menyebutkan bagaimana kami akan bermain. Bagaimanapun Australia saya tahu mereka bermain. Kekuatan, kelemahan, dan gaya bermain mereka."

"Saya tetap menganalisis (pertandingan Australia) dan mempersiapkan tim," kata Shin Tae-yong saat konferensi pers pada Sabtu, 27 Januari 2024.

"Kami tidak bisa mengatakan persiapan yang lebih spesifik. Intinya, kami punya 26 pemain dengan kondisi bagus," ujarnya.

Selain itu, Shin Tae-yong paham betul Australia menjadi salah satu tim kuat di Piala Asia 2023. Dia juga sudah memerhatikan laga Socceroos melawan Uzbekistan.

Uzbekistan menjadi tim satu-satunya tim yang bisa mengeksploitasi kelemahan pertahanan Australia.

Hanya saja, pelatih asal Korea Selatan itu lagi-lagi enggan memberikan kisi-kisi terkait celah sang lawan yang akan dimanfaatkan Timnas Indonesia.

"Australia merupakan tim yang punya fisik kuat dan organisasi permainan bagus. Saya pikir sulit menemukan celah dan kelemahan pertahanan mereka."

"Saya pasti akan menemukan bagaimana menembus pertahanan Australia. Kita lihat situasi selama pertandingan nanti," tutur Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan tampil dengan motivasi dan energi tinggi melawan Australia. Mereka tidak akan menyia-nyiakan kesempatan sudah mencetak sejarah lolos ke babak gugur Piala Asia.

Tentunya, Skuad Garuda ingin melangkah lebih jauh lagi demi rekor berikutnya. Mereka juga bersemangat memperpanjang catatan apik dengan selalu mencetak gol di semua pertandingan Piala Asia 2023.