Kagetnya Ronaldo Diajak Shin Tae-yong ke Tajikistan
Foto via PSSI

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong memanggil Ronaldo Joybera Junior untuk latihan bersama timnas Indonesia U-23 di Tajikistan. Ronaldo tak menyangka bisa ikut bergabung dengan timnas.

Dikutip dari laman resmi PSSI, Minggu 17 Oktober, Garuda Muda memang datang lebih awal ke Tajikistan untuk mematangkan persiapan menghadapi Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 yang akan berlangsung pada 27-30 Oktober mendatang.

Indonesia berada di grup G bersama Australia saja, hal ini setelah Brunei Darussalam dan Tiongkok mengundurkan diri.

"Awalnya sempat kaget dan tidak percaya dipanggil pelatih Shin Tae-yong ke timnas U-23. Untuk itu saya harus berusaha keras dan berjuang demi mendapatkan tempat di tim nanti," kata Ronaldo Kwateh sapaan akrapnya.

Pemain kelahiran 19 Oktober 2004 tersebut menambahkan bahwa dirinya tidak minder meski dirinya termasuk menjadi pemain paling muda di timnas U-23 saat ini.

"Saya banyak belajar dari pemain yang lebih senior. Kondisi tim sangat bagus dan kompak. Kami pun sudah siap untuk menghadapi Australia di babak Kualifikasi Piala AFC U-23 2022," imbuh pemain asal klub Madura United tersebut.

Pada kompetisi BRI Liga 1 2021/2022, Ronaldo telah bermain sebanyak enam kali dan tiga kali menjadi starter. Untuk pemain seusia dirinya, torehan tersebut cukup baik di karier profesionalnya.

Timnas Indonesia U-23 masih terus digembleng pelatih Shin Tae-yong jelang mengikuti babak Kualifikasi Piala AFC U-23 2022. Pada ajang tersebut, Indonesia akan melawan Australia dengan sistem dua laga pada 27 dan 30 Oktober mendatang di Tajikistan.

Skuad Garuda sejak Kamis (14/10) sudah berada di Tajikistan untuk adaptasi cuaca dan mematangkan strategi. Bila sukses melewati Australia, Garuda Muda akan tampil di putaran final Piala AFC U-23 2022 mendatang di Uzbekistan.

"Saat ini para pemain terus kami matangkan dalam latihan dengan tempo tinggi. Kondisi pemain sudah oke semua. Kami terus beradaptasi dengan lapangan, karena rumput yang dipakai pertandingan nanti itu sintetis," kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menambahkan bahwa proses adaptasi di rumput sintetis seperti seperti feeling passing, gerakan balik badan, kontrol bola di lapangan tersebut.

"Kami juga masih menunggu pemain yang belum bergabung (Feby Eka, Eka Febri, Beckham Putra, Natanael, Irsan Lestaluhu dan Rachmat Irianto). Untuk Braif, ia batal ke Tajikistan karena kondisinya masih cedera," tambah Shin Tae-yong.