Puji Penampilan Apik Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan, Shin Tae-yong: Pesepak Bola Memang Harus Selalu 'Lapar' dan 'Haus' saat Berlaga
Ronaldo Kwateh (Twitter.com/@pssi)

Bagikan:

JAKARTA- Penampilan debut Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan saat membela timnas Indonesia kontra Timor Leste di laga FIFA Matchday, Kamis, 27 Januari mendapat pujian dari Shin Tae-yong.

Pelatih timnas asal Korea Selatan itu tak sungkan memberi apresiasi kepada dua pemain muda ini karena mereka sukses jadi pembeda. Shin Tae-yong menganggap permainan timnas Indonesia jadi lebih baik di babak kedua sejak Ronaldo dan Marselino masuk.

"Setelah mereka (Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan) masuk, performa tim kami menjadi lebih baik. Pemain sepak bola memang harus selalu 'lapar' dan 'haus' saat berlaga," ujar Shin Tae Yong dalam keterangan usai laga.

Dalam laga di Stadion I Wayan Dipta, Bali itu Ronaldo memang baru masuk di awal babak kedua. Ia diplot untuk menggantikan posisi Ramai Rumakiek yang ditarik keluar.

Kehadiran winger Madura United itu kemudian mampu menciptakan assist yang berujung gol Ricky Kambuaya pada menit ke-65. Bukan cuma tampil apik, kehadiran Ronaldo di laga ini juga mencatatkan sejarah sebagai pemain termuda yang melakoni debut bersama Skuat Garuda.

Berdasarkan catatan, Ronaldo melakoni debut bersama timnas Indonesia di usia 17 tahun, 3 bulan dan 8 hari. Catatan itu mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Asnawi Mangkualam yang debut di usia 17 tahun, 5 bulan dan 17 hari.

Bergeser pada kehadiran Marselino dalam membantu timnas Indonesia, ia baru ditunjuk Shin Tae-yong masuk lapangan di menit ke-66 untuk menggantikan Evan Dimas. Meski gagal mencetak gol atau assist, permainan penggawa Persebaya Surabaya itu mampu mengancam pertahanan Timor Leste.

Penampilan Marselino dan Ronaldo Kwateh menunjukkan dua pemain itu akan menjadi andalan Shin Tae Yong saat timnas U-23 Indonesia tampil di Piala AFF U-23 2022 di Kamboja, 14-26 Februari mendatang.

Terlepas dari pujian terhadap Ronaldo dan Marceloni, di laga uji coba perdana ini timnas berhasil menang 4-1. Hal itu jelas jadi modal besar untuk melakoni laga kedua dengan lawan yang sama pada 30 Januari mendatang.