Geser Nama Asnawi Mangkualam, Ronaldo Kwateh Genggam Predikat Pemain Termuda di Timnas Indonesia
Ronaldo Kwateh (Instagram.com/@ronaldokwateh7)

Bagikan:

JAKARTA - Ronaldo Kwateh turun dalam laga timnas Indonesia kontra Timor Leste pada pertemuan FIFA Matchday, Kamis , 27 Januari. Dalam penampilan itu, Kwateh mencatatkan sejarah untuk dirinya sendiri dan timnas.

Ronaldo Kwateh tercatat sebagai pemain termuda yang memperkuat timnas Indonesia. Dalam laga yang dimenangkan Timnas 4-1 itu, Ronaldo Kwateh masuk di awal babak pertama menggantikan Ramai Rumakiek.

Dengan penampilannya tersebut, Ronaldo yang merupakan pemain berdarah Indonesia-Liberia juga otomatis mengalahkan catatan pemain termuda yang sebelumnya dipegang Asnawi Mangkualam.

Ronaldo melakoni debut bersama timnas Indonesia di usia 17 tahun, 3 bulan dan 8 hari. Sebelumnya Asnawi berusia 17 tahun, 5 bulan dan 17 hari saat melakoni debut bersama timnas Indonesia melawan Myanmar pada 21 Maret 2017 lalu.

Bagi Ronaldo Kwateh, ini adalah kali kedua dia mencetak rekor termuda. Sebelumnya putra dari Roberto Kwateh itu mencetak sejarah sebagai pemain termuda di kompetisi Liga 1.

Momen itu dilalui Ronaldo saat Madura United melawan Persikabo pada ajang Liga 1, 3 September 2021. Ketika itu usianya baru masuk 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari.

Ronaldo Joybera Junior Kwateh merupakan pemain berdarah Indonesia-Liberia yang lahir di Yogyakarta pada 19 Oktober 2004. Ayah Ronaldo, Roberto Kwateh, merupakan pemain asal Liberia yang pernah bermain di Liga Indonesia. Sementara itu ibu Ronaldo, Citra Rusmawati, berasal dari Indonesia.

Selain Ronaldo Kwateh, catatan pemain termuda yang tampil di timnas juga diraih oleh Marselino Ferdinan. Saat melakoni debut di Timnas dengan menggantikan Evan Dimas pada menit ke-66. Marselino diketahui baru berusia 17 tahun , 4 bulan, dan 18 hari.