Bagikan:

JAKARTA - Pemain muda Indonesia, Ronaldo Kwateh, memulai petualangan baru dalam karier sepak bola dengan mengarungi Liga Thailand atau Thai League. Kwateh resmi bergabung klub Liga Thailand, Muangthong United.

Pengumuman bergabungnya Kwateh dilakukan bersamaan peluncuran tim Muangthong United pada Rabu, 7 Agustus 2024, waktu setempat. Di klub barunya, pemain 19 tahun itu diberi nomor punggung 99.

"Muangthong United, empat kali juara Liga Thailand, mengumumkan pemain asing terbaru Ronaldo Kwateh. Penyerang sayap masa depan Timnas Indonesia resmi bergabung untuk skuad 2024/2025," tulis BallThai dikutip pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Ronaldo Kwateh direkrut Muangthong United untuk mengisi kuota pemain asing Asia Tenggara. Usia yang masih muda jadi salah satu keunggulannya sebagai pemain potensial.

Merumput di Liga Thailand adalah pengalaman baru bagi Kwateh. Sebelumnya, ia sempat menjajal pengalaman di klub Turki, Bodrumspor, meski sama sekali tak mencatat menit berlaga.

Kendati pengalaman sebelumnya tak terlalu manis, Kwateh tak kapok untuk kembali meniti perjalanan sebagai pemain abroad.

Musim lalu, Kwateh berseragam Madura United di Liga 1. Ia mencatat delapan penampilan dengan kontribusi satu gol dan satu assist.

Di satu sisi, berkarier di Liga Thailand akan jadi tantangan tersendiri bagi Kwateh. Soalnya, Muangthong United adalah klub yang bersaing di papan atas kompetisi sepak bola Negeri Gajah Putih.

Klub yang bermarkas di Thunder Dome Stadium itu finis di peringkat kelima kalsemen musim lalu dengan 52 poin. Perinciannya, Muangthong United menorehkan 16 kemenangan, empat imbang, dan 10 kali kalah.

Jika dimainkan secara reguler, bukan tak mungkin Ronaldo Kwateh akan bertemu langsung di lapangan kontra sesama pemain Indonesia, yakni Asnawi Mangkualam.

Asnawi sudah lebih dulu berkarier di Liga Thailand bersama Port FC sejak musim lalu.