Sepak Bola SEA Games 2021: Timnas Indonesia Bawa Pulang Medali Perunggu usai Menang Adu Penalti Lawan Malaysia
Pertandingan timnas Indonesia versus Malaysia dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021. ( Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As)

Bagikan:


JAKARTA - Timnas Indonesia setelah menang 4-3 atas Malaysia di babak adu penalti dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu, 22 Mei. Pada waktu normal, kedua tim bermain imbang 1-1.

Timnas Indonesia sebenarnya bermain cukup baik di awal babak pertama. Sejumlah peluang diciptakan anak asuh Shin Tae-yong, meski belum ada yang berhasil berbuah gol.

Namun, memasuki pertengahan babak pertama, Malaysia mengambil alih permainan. Justru Tim Negeri Jiran yang banyak melayangkan ancaman ke gawang Skuad Merah Putih. Beruntung, Ernando Ari Sutaryadi masih kuat dalam menghalau semua ancaman. Skor 0-0 bertahan hingga akhir babak pertama

Pada babak kedua, Malaysia kian meningkatkan daya serangan. Bertubi-tubi anak asuh Brad Maloney melayangkan ancaman ke gawang Timnas Indonesia. Namun, Ernando tampil begitu ciamik dalam mengamankan gawangnya.

Skuad Merah Putih justru mencuri gol pada pada menit ke-68 lewat tendangan keras Ronaldo Kwateh. Bola dari Irfan Jauhari diteruskan Marselino lewat umpan pendek kepada Ronaldo. Dengan tenang, pemain Madura United itu menaklukkan kiper Malaysia.

Pada menit ke-81, Malaysia menyamakan kedudukan. Pemain pengganti Muhammad Hadi Fayyadh akhirnya membuat Ernando tak berdaya. Skor 1-1 menutup waktu normal.

Pada babak tos-tosan, Ernando kembali tampil luar biasa. Penjaga gawang Persebaya Surabaya itu menepis dua eksekusi pemain Malaysia.

Sementara di kubu Indonesia, hanya Asnawi Mangkualam yang gagal. Bola hasil tendangannya membentur tiang gawang. Sementara empat eksekutor lainnya sukses menjalankan tugasnya. Tim Indonesia pun menang 4-3 di babak adu penalti ini.