Gawat! Indonesia Masuk "Grup Neraka" di Penyisihan SEA Games 2021 Bersama Vietnam
Timnas Indonesia U-23 satu grup dengan Vietnam dan Myanmar di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Undian untuk cabang olahraga sepak bola putra SEA Games Hanoi 2021 sudah dilaksanakan, Rabu 6 April. Hasilnya tim nasional Indonesia U-23 masuk ke dalam "grup neraka".

Skuad Garuda masuk dalam grup A. Di sini, timnas U-23 akan bersaing dengan tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Sementara itu, di Grup B diisi  Thailand dan Malaysia. Dua tim kuat Asia Tenggara itu bakal menghadapi Kamboja, Singapura, dan Laos.

Pada SEA Games 2019, sepak bola Indonesia membawa pulang medali perak. Ketika itu, skuad Garuda menelan kekalahan 0-3 dari Vietnam di partai pamungkas.

Untuk tahun ini, skuad asuhan Shin Tae-yong ditargetkan membawa pulang medali emas. Indonesia sendiri terakhir kali mendapat medali emas pada 1991 saat mengalahkan Thailand lewat babak adu penalti.

Indonesia hanya bisa mendapat tiga medali perak setelah itu termasuk 2019 lalu di Manila. Adapun dua medali perak lainnya diperoleh masing-masing pada SEA Games 2011 di Jakarta dan SEA Games 2013 yang berlangsung di Myanmar.

Saat ini timnas Indonesia U-23 sedang menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan. Selain itu, mereka juga rutin menggelar uji coba dengan beberapa tim lokal di sana.