Bagikan:

JAKARTA – Pelatih tim nasional Indonesia U-22 Indra Sjafri mengintip langsung laga terakhir Vietnam melawan Thailand di fase grup untuk menyiapkan timnya mainkan semifinal SEA Games 2023.

Indra melihat laga Grup B yang berlangsung di Prince Stadium, Phnom Penh, Kamis, 11 Mei malam itu, bersama Sekjen PSSI Yunus Nusi serta tim pelatih Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, Eko Purjianto, dan Yeyen Tumena.

"Malam ini kami menyaksikan langsung laga Thailand dan Vietnam yang berakhir dengan hasil imbang. Kami sudah siap melawan Vietnam nanti," kata Indra Sjafri dilansir situs PSSI.

Hasil imbang 1-1 dengan Thailand membuat Vietnam menjadi runner up Grup B. Posisi ini otomatis memastikan Vietnam berhadapan dengan Indonesia yang merupakan juara Grup A di babak semifinal.

Indonesia sendiri finis sebagai juara grup setelah tampil apik pada empat pertandingan penyisihan. Skuad Indra Sjafri sukses mengamankan angka maksimal setelah berhasil memenangi semua laga.

"Hari ini kami menjalani latihan pemulihan di hotel. Besok kami persiapan latihan strategi dan taktikal jelang laga semifinal," kata Indra.

Pertandingan semifinal akan berlangsung di Stadion Nasional Olimpiade pada Sabtu, 13 Mei besok. Indonesia memiliki catatan yang kurang menyenangkan saat bertemu Vietnam di SEA Games.

Di edisi sebelumnya 2021 lalu, Indonesia dikalahkan Vietnam (yang ketika itu menjadi tuan rumah) 0-3 di babak grup. Pasukan Garuda Muda kemudian takluk di tangan Thailand pada babak semifinal.

Indonesia sendiri sudah sudah cukup lama puasa medali emas cabor sepak bola SEA Games. Terakhir kali Indonesia bisa naik podium tertinggi adalah di Manila 1991 silam atau 32 tahun lalu.

Setelah itu, Indonesia sudah empat kali kembali ke final, di antaranya pada tahun 1997, 2011, 2013, dan 2019. Namun, Garuda tercatat selalu gagal mendapat medali emas di empat kesempatan itu.