Bagikan:

JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri mengatakan, pertandingan melawan Filipina di laga pertama fase grup SEA Games 2023 Kamboja akan menjadi pertandingan kunci buat skuad Garuda.

Indonesia akan memainkan laga perdana Grup A melawan Filipina di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu, 29 April besok. Ini adalah satu dari empat laga yang akan dimainkan skuad Indra Sjafri di penyisihan.

Indra mengatakan, dirinya sudah mencari komposisi pemain terbaik untuk menghadapi pertandingan kontra Filipina.

"Game pertama tentu menjadi game yang sangat penting bagi kita. Di setiap turnamen, pertandingan pertama itu adalah modal awal untuk bisa sukses selanjutnya," kata Indra Sjafri kepada wartawan, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Indra mengatakan saat ini kondisi semua pemain yang dia bawa sudah cukup baik. Pemain yang baru bergabung di akhir pemusatan latihan seperti Marselino Ferdinan juga dalam keadaan sehat dan bisa melalui proses adaptasi.

"Semua pemain 20 orang sehat semua dan dalam keadaan fit, termasuk Marselino. Sudah bisa adaptasi dan tidak jetlag lagi dan besok Alhamdulillah sudah pulih para pemain," ujar dia.

Selain Filipina, Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste.

Setelah melawan Filipina, Indonesia secara berturut-turut Indonesia bakal menjajal kekuatan Myanmar, 4 Mei, Timor Leste, 7 Mei, dan Kamboja, 10 Mei. Ketiga laga itu juga dimainkan di Stadion Nasional.

Nantinya dua tim terbaik dari Grup A dan Grup B berhak mendapatkan tiket ke babak semifinal yang berlangsung pada 13 Mei. Adapun Grup B berisikan juara bertahan Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Laos.

Indonesia sejauh ini sudah 32 tahun tidak juara di SEA Games. Terakhir kali medali emas didapat skuad Garuda pada SEA Games edisi 1991 yang berlangsung di Manila.