Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia masuk dalam grup berat pada ajang Piala Asia 2023. Berdasarkan hasil undian, skuad Merah Putih masuk Grup D bersama dua raksasa Asia yakni Jepang dan Irak, serta musuh bebuyutan Timnas Indonesia, Vietnam.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, grup ini terbilang spesial karena dihuni rival Indonesia di Asia Tenggara, Vietnam.

"Vietnam seperti kami tahu adalah rival kami di ASEAN yang performanya di Asia sangat baik. Semua lawan yang tangguh tapi tim kami pun punya kualitas untuk membuat kejutan," kata Erick dalam keterangan resmi.

Erick yakin skuad Shin Tae-yong punya peluang untuk bersaing. Kesempatan ini tak akan disia-siakan tim Merah Putih.

"Ini adalah keikutsertaan kami kelima kali di Piala Asia dan kami sudah sejak 2007 absen dan baru bisa kembali lagi ke Piala Asia. Kesempatan ini mesti kami manfaatkan dengan berjuang hingga pluit akhir," tegas Menteri BUMN itu.

Sebelumnya, meski terjal, Erick yakin skuad Garuda akan menjalaninya dengan semangat pantang menyerah. Para pemain dinilai tak akan gentar dan siap tampil habis-habisan.

"Kita sudah tahu kualitas Jepang levelnya sudah elite dunia, juga dengan Irak dan Vietnam. Seluruhnya adalah tim yang tangguh," ujar Erick dalam keterangan resmi tertulis.