Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menjalani matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 menghadapi Vietnam. Laga ini digelar di Stadion Abdullah bin khalifah, Doha, pada Jumat, 19 Januari 2024, pukul 21.30 WIB.

Partai Timnas Indonesia vs Vietnam merupakan pertemuan krusial bagi kedua tim karena bisa jadi jalan untuk lolos ke babak 16 besar.

Kemenangan menjadi syarat utama bagi kedua tim untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur. Soalnya, Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama belum mengantongi satupun poin dari laga perdana.

Skuad Garuda kalah 1-3 dari Irak, sedangkan Vietnam juga ditumbangkan Jepang dengan skor 2-4. Hasil dari matchday perdana itu membuat Indonesia menduduki peringkat keempat dan Vietnam ada di posisi ketiga klasemen Grup D.

Mengingat agenda ini merupakan matchday kedua, kans lolos terbuka bagi Indonesia dan Vietnam meski upaya menang memang tidak mudah.

Demi mengamankan tiga poin itu, Skuad Garuda di bawah arahan Shin Tae-yong diyakini bakal menurunkan skuat utama yang lebih siap dan kompak dibandingan matchday perdana kontra Irak.

Meski demikian, performa Timnas Indonesia melawan Singa Mesopotamia mendapat apresiasi. Skuad Garuda menunjukkan peningkatan penampilan.

Pengamat sepak bola, Akmal Marhali, menyebut meski Timnas Indonesia 1-3, anak asuh Shin Tae-yong memberikan perlawanan apik. Dia lantas membandingkan partai tersebut dengan pertemuan terakhir kali kedua tim di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Secara skor, hasil sudah lebih baik dibanding pertemuan sebelumnya (di kualifikasi Piala Dunia 2026), di mana Indonesia kalah dengan skor 1-5," kata Akmal Marhali dalam keterangannya dihubungi Kamis, 18 Januari 2024.

"Dari segi permainan pun Timnas Indonesia juga sudah lebih baik dibandingkan pertemuan sebelumnya dan pada tiga laga uji coba sebelumnya," ujarnya.

Dari sudut pandang lainn, Akmal Marhali mengatakan bahwa meski ada peningkatan yang ditunjukan, ada hal yang perlu diperbaiki untuk menghadapi Vietnam demi meraih target tiga poin.

"Masih banyak hal yang perlu dibenahi dalam permainan Timnas Indonesia."

"Komunikasi antarlini masih sangat lemah. Penyelesaian akhir juga tidak begitu maksimal," tutur Akmal Marhali.

Bila pekerjaan rumah itu bisa diselesaikan, plus dengan berkembangnya penampilan Skuad Garuda, kans meraih tiga poin lebih besar.

Belum lagi Timnas Indonesia punya motivasi memperbaiki catatan pertemuan kontra Vietnam. Pasukan Shin Tae-yong belum pernah menang di enam laga terakhir melawan Golden Star.