Bagikan:

JAKARTA - Vietnam akan menghadapi Timnas Indonesia di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Jelang laga pada Jumat, 15 Januari 2024, itu ada hal yang menjadi kekhawatiran Philippe Troussier selaku pelatih Vietnam.

Media Vietnam, Soha, menyebut bahwa kekhawatiran yang dirasakan Troussier terhadap Timnas Indonesia ternyata terkait lemparan jauh milik Pratama Arhan. Kemampuan Arhan itu dianggap jadi hal yang menguntungkan Skuad Garuda dan menjadi ancaman buat lawan.

"Lemparan yang sangat kuat ke arah kotak penalti dan kemampuan berduel udara jadi pola serangan khas Indonesia di semua level. Ini adalah senjata rahasia yang bisa dilakukan oleh Pratama Arhan dengan talentanya," tulis Soha dalam narasinya dikutip pada Rabu, 17 Januari 2024.

Lebih lanjut, Troussier sempat punya pengalaman buruk dengan lemparan ke dalam milik Arhan. Hal ini terjadi ketika Vietnam kalah 2-3 di semifinal SEA Games 2023. Kala itu, Skuad Garuda mencetak gol yang mana dua di antaranya berawal dari lemparan Arhan.

Momen itu juga melekat di ingatan Troussier karena menjadi panggung pertamanya sebagai pelatih Vietnam setelah menggantikan Park Hang-seo.

"Pelatih Philippe Troussier juga mengakui bahwa Vietnam mampu menguasai pertandingan dengan 10 pemain, tapi tetap kebobolan dari situasi lemparan ke dalam (Timnas Indonesia)," tulis Soha lagi.

Selain soal lemparan ke dalam milik Arhan, hal lain yang menjadi kekhawatiran Troussier adalah terkait postur tubuh para penggawa Skuad Garuda. Pasalnya, postur pemain Timnas Indonesia lebih unggul ketimbang peserta dari Asia Tenggara lain di Piala Asia 2023.

"Fisik juga jadi kekhawatiran di Piala Asia 2023 ketika pemain Vietnam jadi tim dengan rata-rata postur terendah," tulis laporan Soha.

Timnas Indonesia diketahui jadi tim dengan rata-rata pemain paling tinggi dari seluruh peserta se-Asia Tenggara. Skuad Garuda punya rata-rata postur 179,6 cm, sedangkan negara ASEAN lain, seperti Malaysia, tercatat 178,6 cm.

Kemudian Thailand dan Vietnam merupakan peserta Piala Asia 2023 dari ASEAN dengan rata-rata postur paling rendah, yaitu 176,3 cm dan 175,3 cm.