Rafael Nadal Jadi Duta Federasi Tenis Arab Saudi
Petenis Spanyol Rafael Nadal ditunjuk menjadi duta tenis Arab Saudi (Instagram/@rafaelnadal).

Bagikan:

JAKARTA – Rafael Nadal resmi ditunjuk menjadi duta Federasi Tenis Arab Saudi. Langkah ini merupakan bagian dari strategi negara tersebut untuk menjadi tuan rumah turnamen yang lebih profesional.

Arab Saudi saat ini tengah gencar melakukan ekspansi besar-besaran di dunia olahraga. Penunjukan Nadal merupakan upaya strategis untuk mendukung usaha-usaha tersebut.

"Di mana pun Anda melihat Arab Saudi, Anda dapat melihat pertumbuhan dan kemajuan. Saya senang menjadi bagian dari itu," kata Nadal dikutip Inside The Games.

Pengumuman Nadal menjadi duta ini muncul setelah Arab Saudi begitu sibuk menggelar beberapa ajang sepanjang tahun kemarin.

Tercatat, negara itu menjadi tuan rumah acara ATP Tour pertamanya, yakni Next Gen ATP Finals di Jeddah. Selain itu, mereka juga menutup tahun dengan laga eksibisi antara Novak Djokovic dan Carlos Alcaraz serta Aryna Sabalenka dan Ons Jabeur.

Tidak main-main, Arab Saudi bahkan melakukan kerja sama selama lima tahun untuk membawa Next Gen ATP Finals ke Jeddah. Hal itu menunjukkan keseriusan mereka menggelar ajang besar olahraga tenis.

"Ini menunjukkan niat negara ini untuk menjadikan tenis sebagai bagian penting dari kalender internasional. Ini (Next Gen ATP Finals) merupakan yang pertama dari banyak turnamen profesional yang kemungkinan besar akan diselenggarakan di negara ini," demikian kata Asosiasi Tenis Arab Saudi.

Nadal dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu petenis terbaik abad ke-20. Ia tercatat mengoleksi sebanyak 22 gelar Grand Slam sepanjang kariernya yang sensasional.

Awal tahun ini dia menjadwalkan tampil di Australia Open 2024 setelah kembali dari cedera. Namun, cederanya kambuh sehingga ia memilih mengundurkan diri dari ajang itu.