Bagikan:

JAKARTA - Rafael Nadal tampil gemilang saat mengalahkan Marton Fucsovics (Hungaria) pada putaran pertama tenis Olimpiade Paris 2024, Minggu, 28 Juli 2024, waktu setempat.

Petenis Spanyol itu mengalahkan Fucsovics dengan skor 6-1, 4-6, dan 6-4. Namun, perjalanan berikutnya langsung diadang lawan berat, Novak Djokovic.

Fakta bahwa pertandingan Nadal-Djokovic pada Senin, 29 Juli 2024, tidak akan menentukan medali emas dianggap para pencinta tenis sebagai sebuah kesalahan di Olimpiade.

Duel musuh bebuyutan itu akan tersaji pada putaran kedua di Roland-Garros.

Kekecewaan publik tenis akan bagan tunggal putra Olimpiade 2024 tak lepas dari penampilan Nadal yang mencuri perhatian.

Petenis 38 tahun yang menjadikan Olimpiade 2024 sebagai momentum perpisahan dari dunia tenis di luar dugaan memberikan sajian sangat menghibur.

Sebelum tampil di nomor tunggal, Nadal bersama Carlos Alcaraz memenangi laga pembuka nomor ganda pada Jumat, 26 Juli 2024, waktu Paris.

Penampilan gemilang itu membuat pencinta tenis menjuliki Nadalcaraz dan berekspektasi sang veteran bisa berbicara banyak.

Nadal pun menunjukkan bahwa ia tetap menjadi kekuatan tangguh tanpa rekan muda, Alcaraz, ketika tampil di nomor tunggal.

Saat ia melepaskan pukulan forehand yang menghasilkan poin ketiga melawan Fucsovics, penonton bersorak dan berdiri bersama untuk memuji Nadal yang telah menggetarkan mereka selama dua dekade.

"Saya benar-benar merasa sangat dicintai oleh penonton Perancis. Saya menikmati kenyataan bahwa saya mampu terus bermain di usia ini dan memiliki perasaan yang tak terlupakan di lapangan, merasakan dukungan dan cinta dari orang-orang."

"Mari kita lihat, besok cerita lain, lawan yang berbeda. Mari kita lihat, ini tempat yang istimewa. Saya hanya akan mencoba memberikan yang terbaik dan menikmatinya semaksimal mungkin," ujar Nadal seperti dilansir Reuters.

Kemenangan atas Fucsovics pada putaran pertama memperpanjang catatan apik Nadal di Roland-Garros. Sebelumnya, dia sudah mengemas 112 kemenangan dari 116 penampilan di lapangan tanah liat Perancis itu.

Namun, kini Nadal harus menerima kenyataan bertemu Djokovic di babak awal. Usia kedua petenis hanya terpaut satu tahun

Melihat motivasi keduanya, pertarungan Nadal vs Djokovic akan sangat memanjakan penonton Olimpiade 2024 meski harus tersaji di babak awal.

Djokovic dibayangi ambisi untuk merebut medali emas Olimpiade pertamanya sepanjang karier. Sementara Nadal, yang sudah mendapat dua medali emas Olimpiade, ingin berpisah dari tenis dengan manis.