Rafael Nadal di Ambang Rekor Baru di Tahun yang Baru
Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal. (Foto: Twitter/@RafaelNadal)

Bagikan:

JAKARTA - Petenis asal Spanyol Rafael Nadal berpotensi melewati Roger Federer pada 2023. Nadal bisa menjadi petenis yang paling banyak mencapai semifinal di salah satu dari empat grand Grand Slam.

Saat ini Nadal bersama Federer tercatat sama-sama mengoleksi 15 semifinal dalam satu ajang Grand Slam. Nadal mengukir catatan itu di Roland Garros sedangkan Federer membuatnya di Australia Open.

Jika Nadal kembali mencapai semifinal lagi di Paris pada bulan Juni mendatang maka ia otomatis akan mengukir semifinal ke-16 hanya dalam satu Grand Slam. Federer tidak akan mengejarnya lagi karena sudah pensiun.

Nadal mencapai semifinal Roland Garros ke-15 tahun lalu ketika dia berjuang dengan cedera kaki. Ia pada akhirnya memenangi gelar ke-14 di turnamen tanah liat itu setelah mengalahkan petenis Norwegia Casper Ruud di final.

Rafa, sapaan akrab Nadal, adalah petenis yang mendominasi di Paris selama hampir dua dekade. Ia memenangkan 112 dari 115 laga di Roland Garros, catatan dominan yang belum pernah dilakukan sebelumnya di satu Grand Slam.

Nadal melakukan debutnya di Roland Garros pada tahun 2005. Ketika itu ia datang sebagai petenis belia favorit setelah memenangkan Monte Carlo, Barcelona, dan Roma.

Pembuktian kemudian dilakukan Nadal di lapangan dengan mengalahkan Mariano Puerta di final. Rekornya sebagai petenis muda 19 tahun yang juara Grand Slam kemudian disamakan Carlos Alcaraz di US Open 2022.

Selain bisa membuat rekor semifinal, Nadal juga berpotensi menambah gelar Grand Slam. Saat ini ia adalah pemilik 22 gelar atau terbanyak mengunggul Novak Djokovic (21) dan Federer (20).

Semifinal terbanyak di satu Grand Slam:

15 — Rafael Nadal (Roland Garros)

15 — Roger Federer (Australia Open)

14 — Jimmy Connors (US Open)

13 — Roger Federer (Wimbledon)

12 — Novak Djokovic (US Open)