Kandaskan Petenis Peringkat 1 Dunia Medvedev 2 Set Langsung, Rafael Nadal Capai Final Meksiko Open
Rafael Nadal. (Foto: Instagram @rafaelnadal)

Bagikan:

JAKARTA - Rafael Nadal sukses mencapai final Meksiko Open 2022. Petenis Spanyol itu mengalahkan petenis rangking satu dunia Daniil Medvedev.

Nadal berhasil keluar sebagai pemenang setelah menekuk lawan dalam laga dua set langsung 6-3, 6-3 pada Sabtu, 26 Februari 2022. Kemenangan ini membuat petenis 35 tahun itu memegang rekor menang-kalah 14-0 tahun ini.

Setelah tampil dominan pada set pertama, Nadal menyelamatkan 11 breakpoint dari dua service game berturut-turut untuk mempertahankan keunggulan di awal set kedua.

"Set kedua sangat emosional. Daniil [Medvedev] bermain sangat agresif, drop shot, winner. Itu adalah set yang sangat sulit. Saya merasa beruntung memenangkan set itu karena dia memiliki banyak peluang," kata Nadal dikutip dari situs ATP.

Kemenangan ini membuat Nadal semakin unggul menang-kalah 5-1 dengan petenis Rusia itu. Selain itu, kemenangan ini juga menjadi kemenangan keduanya atas Medvedev di tahun ini setelah ia bangkit dari ketertinggalan dua set untuk memenangi final Australian Open pada Januari lalu.

Nadal adalah juara tiga kali Meksiko Open, yakni pada 2005, 2013, dan 2020. Dua gelar pertamanya ia raih saat turnamen masih dimainkan di lapangan tanah liat.

Rekor menang-kalah Nadal sekarang menjadi 24-2 di kejuaraan berlevel ATP 500 tersebut. Selain itu, ia tercatat telah memenangi 18 set berturut-turut sejak ia keluar sebagai juara di tahun 2020.

Satu kemenangan beruntun bisa bertambah untuk Nadal saat ia mempertaruhkan 14 kemenangan beruntun miliknya tahun ini dalam laga final melawan Cameron Norrie pada Minggu, 27 Februari besok.

Nadal memimpin dengan skor 3-0 atas petenis Inggris tersebut. Tiga kemenangan atas Norrie itu diukir Nadal sepanjang tahun 2021 saat mereka bertemu di Australia Open, Barcelona, dan Roland Garros.

"Level tenisnya luar biasa. Dia meningkat pesat di awal tahun lalu, dan tahun progresnya terus nai. Ini akan menjadi tantangan besar, tapi kami berada di final. Jadi tidak bisa mengharapkan lawan yang mudah. ​​Saya senang berada di final," kata Nadal.