Rafael Nadal Ukir Sejarah di Australia Open 2022 Pasca Tekuk Daniil Medvedev dalam Laga 5 Setengah Jam
Rafael Nadal (ATP)

Bagikan:

JAKARTA – Petenis Spanyol Rafael Nadal berhasil keluar sebagai juara Australia Open 2022. Ia harus berjuang selama 5 jam 24 menit untuk menghentikan petenis Rusia Daniil Medvedev.

Bermain di Rod Laver Arena, Melbourne Park, Australia, Minggu, 30 Januari, petenis 35 tahun itu harus tertinggal dua set pertama. Ia kemudian bangkit dan menyudahi laga dengan skor 2-6, 6-7(7), 6-4, 6-4, 7-5.

Kemenangan ini membuat Nadal berhasil merengkuh trofi grand slam ke-21 dalam kariernya. Trofi ini otomatis menjadikan petenis berjuluk Raja Tanah Liat itu tersukses dalam sejarah tunggal putra di ajang grand slam. 

Nadal kini melewati Novak Djokovic dan Roger Federer. Sebelumnya ketiga petenis itu memegang rekor setara dengan 20 grand slam.

Laga final melawan Medvedev menjadi laga final grand slam ke-29 yang dilakoni oleh Nadal. Adapun gelar Australia Open tahun ini merupakan gelar kedua baginya di Melbourne Park.

Gelar juara di Australia Open tahun ini akan membuat Nadal menjadi orang kedua setelah Djokovic yang berhasil memenangi setiap gelar grand slam sebanyak dua kali sejak tenis menjadi olahraga profesional pada tahun 1968.

Setelah menjadi juara pada tahun 2009 lalu, Nadal sukses mencapai empat final lagi setelah itu, masing-masing pada tahun 2012, 2014, 2017, dan 2019. Namun, di empat kesempatan itu ia selalu menelan kekalahan.

Di tahun 2012 ia menyerah saat bersua Novak Djokovic. Setelah absen pada 2013, Nadal kembali  mencapai final di tahun 2014, tapi ia gagal menjadi juara akibat kekalahan empat set melawan Stan Wawrinka.

Kesempatan untuk merebut gelar kedua di Melbourne Park kembali dikantongi Nadal pada tahun 2017. Namun, kesempatan itu hilang setelah ia ditekuk oleh Roger Federer.

Kesempatan Nadal kembali lenyap pada tahun 2019 usai dihentikan Djokovic. Tahun ini Djokovic sendiri tidak bisa bermain di grand slam awal musim itu setelah visa ditolak karena masuk ke negara itu tanpa vaksin COVID-19.