Konfirmasi BWF, Spanyol Masters 2022 Batal Digelar
BWF nyatakan Spabyol master 2022 batal digelar. (foto: bwf)

Bagikan:

JAKARTA - Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengumumkan salah satu agenda besar di tahun ini yaitu Spanyol Masters 2022 batal digelar. Penyebab utamanya karena Spanyol selaku tuan rumah penyelenggara menyatakan tidak siap.

Spanyol Master 2022 sejatinya akan digelar pada 1-6 Maret mendatang. Turnamen itu dibuat sebagai agenda pembuka di bulan Maret. Akan tetapi meski masih ada waktu dua bulan lagi dari jadwal, seri ketiga dari BWF World Tour 2022 itu dipastikan urung terlaksana.

"Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengonfirmasi pembatalan Spanyol Masters 2022 yang dijadwalkan pada 1-6 Maret 2022," demikian pernyataan Badminton Europe, badan bulutangkis Eropa dikutip dari BWF.

"Federasi Bulu Tangkis Spanyol menyimpulkan bahwa mereka tidak dapat menggelar turnamen seperti yang direncanakan pada Pekan ke-9," lanjut keterangan tersebut.

Meski Spanyol Masters 2022 urung digelar, tapi BWF memastikan agenda pada 2022 lainnya akan tetap berjalan seperti semula dan tidak terganggu dengan pembatalan salah satu agenda itu.

"Sisa dari kalender BWF World Tour 2022 tidak berubah. BWF, bekerja sama dengan tuan rumah World Tour, tetap rajin mempersiapkan turnamen mendatang meskipun lanskap COVID-19 terus berubah," jelas keterangan yang ada.

Terlepas dari pembatalan, Spanyol Masters sendiri memiliki kesan positif bagi atlet bulutangkis Indonesia. Pasalnya pada agenda yang sama di tahun 2021, Indonesia berhasil menjadi juara umum di Spanyol Masters setelah memenangi empat kategori.

Empat kategori yang berhasil diraih itu adalah tunggal putri oleh Putri Kusuma Wardani, ganda putra yang diwakili Pramudya Kusumardana/Yeremia Rambitan, ganda putri oleh Yulfira Barkah/Febby Valencia dan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas.