PBSI Waswas Apri Jangan Sampai Batal Tampil di World Tour Finals 2023
Pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan tampil di BWF World Tour Finals 2023 (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) masih waswas terkait kondisi Apriyani Rahayu menjelang BWF World Tour Finals 2023. Federasi tak ingin Apriyani batal tampil di ajang penutup rangkaian tur BWF itu.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Riony Mainaky, sudah memastikan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dalam kondisi bugar dan siap berangkat ke BWF World Tour Finals 2023.

Namun, perasaan khawatir itu tetap ada karena Apriyani baru saja pulih dari cedera.

"Apri/Fadia berangkat, tapi kami tetap kontrol Apri. Dia memang semangat, tetapi takutnya dengan semangat terlalu memaksa akhirnya batal berangkat. Step by step," ujar Riony di Pelatnas Cipayung, Rabu, 7 Desember 2023.

Apriyani bersama pasangannya Siti Fadia Silva Ramadhanti sebelumnya harus mundur dari dari Japang Masters 2023 dan babak 16 China Masters 2023 pada November 2023 lantaran cedera pada kaki kanan.

Setelah menjalani pemulihan, Apriyani dinyatakan fit dan siap mentas bersama pasangannya. Mereka termasuk dalam satu dari enam wakil Indonesia yang bakal tampil di BWF World Tour Finals 2023.

Sementara itu, Riony menyayangkan minusnya sektor ganda campuran yang tidak memenuhi syarat untuk bermain di ajang tersebut. Hal ini jelas tidak memenuhi ekspektasi federasi.

"Tidak (memenuhi ekspektasi). Sayang saja terakhir-akhir mereka (ganda campuran) tidak bisa bagus, ya, tidak lolos. Keinginannya lima sektor (lolos semua)," kata dia.

Lima wakil Indonesia lain yang ikut tampil di BWF World Tour Finals 2023, yaitu tunggal dan ganda putra masing-masing dua, sedangkan satu lainnya dari tunggal putri.

Dua tunggal putra ialah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Lalu, dua ganda putra diwakili Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Adapun satu tunggal putri yang ikut ialah juara dunia junior 2017, Gregoria Mariska Tunjung.