Bagikan:

JAKARTA – Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) menargetkan bisa mendapat tiga medali di BWF World Tour Finals 2023.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Riony Mainaky, mengatakan target itu bisa didapat oleh ganda putra serta tunggal putra dan putri.

"Untuk ganda, tunggal putra, dan putri, kami harapkan bisa mendapat gelar," ujar Riony kepada awak media di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu, 6 Desember 2023.

Dua wakil ganda putra yang lolos ke BWF World Tour Finals 2023 ialah pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Sementara itu, dua tunggal putra dan satu tunggal putri yang lolos, yaitu Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie serta Gregoria Mariska Tunjung.

Riony mengatakan nama-nama tersebut saat ini dalam kondisi yang sudah siap tempur. Gregoria misalnya, yang sempat diusik masalah cedera pada telapak kaki pun sudah membaik.

"Gregoria fit saya lihat. Jonatan sama Ginting juga bagus. Jadi, bisa dibilang kita target tiga ada. Tinggal dimaksimalkan. Kita bisa berharap semua sektor final, minimal semifinal," kata dia.

Selain kelima wakil di atas, masih ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di ganda putri. Artinya, Indonesia hanya minus ganda campuran saja yang tidak tapil di BWF World Tour Finals 2023.

Riony mengatakan peluang sebenarnya juga dimiliki oleh Apri/Fadia. Hanya saja, dia tidak mau berharap banyak target dari pasangan ini karena memang Apriyani belum sepenuhnya bugar.

"Kalau Apriyani Rahayu fit kami targetkan bisa final semua," kata dia.

Indonesia sejauh ini tercatat masih sangat miskin gelar sejak BWF World Tour Finals digelar mulai 2018 menggantikan tajuk Super Series Finals.

Dari lima edisi yang sudah digelar, hanya ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang pernah keluar sebagai juara. Itu terjadi pada edisi 2019 di Guangzhou, China.