PT LIB Luncurkan Liga Fan ID, Wadah Integrasi untuk Suporter di Liga 2
PT Liga Indonesia Baru mengeluarkan Liga Fan ID untuk memantau suporter Liga 2 (dok. Istimewa).

Bagikan:

JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi meluncurkan aplikasi Liga Fan ID untuk memudahkan para suporter Liga 2.

Selain itu, Liga Fan ID juga akan menjadi wadah integrasi untuk memantau database suporter kompetisi level kedua liga Indonesia itu.

Acara peluncuran Liga Fan ID digelar di Senayan, Jakarta, pada Rabu, 6 Desember 2023. Sabina Katya, Humas PT LIB, mengatakan adanya aplikasi ini juga bermanfaat agar pihak operator mudah untuk melakukan tracking oknum suporter yang berulah saat menonton Liga 2.

“Kami ingin mengantisipasi insiden-insiden yang sering terjadi. Jadi, kami bisa track oknum-oknum yang nakal, suka bikin ulah,” kata Sabina dalam sesi konferensi pers.

“Kami ingin meminimalisasi kejadian yang tak diinginkan. Oleh karena itu, kami buat ticketing yang terintegrasi. Fan ID juga melancarkan penjualan tiket yang bisa diverifikasi oleh klub dan komunitas (soal suporter),” tambahnya.

Sabrina lebih lanjut menyebut adanya Liga Fan ID akan menjadi jembatan yang semakin mendekatkan pihak operator dan klub.

Pasalnya, untuk bisa mengoptimalkan pengoperasian dibutuhkan verifikasi dari anggota suporter masing-masing klub.

“Sistemnya harus diverifikasi dari komunitas dan klub. Jadi, memang meminta data dari klub itu sendiri,” ucap Sabina Katya.

“Kami juga mengharapkan kesediaan suporter dan dukungan dari klub, komunitas, agar bergabung bersama Liga Fan ID,” lanjutnya.

“Kami tidak bisa bergerak sendiri, tetapi dibutuhkan dukungan dari klub untuk aktivasi data-data,” jelas Katya.