Bagikan:

JAKARTA – Jonatan Christie membawa dua modal bagus ke ajang BWF World Tour Finals 2023 yang akan berlangsung 13-17 Desember 2023 di Hangzhou Olympic Sports Expo Center, China.

Pemilik medali emas Asian Games 2018 tersebut termasuk satu dari enam wakil Indonesia yang akan bersaing di ajang penutup rangkaian BWF Tour tersebut.

Jonatan mengatakan bahwa peningkatan yang ia alami sepanjang tahun ini akan sangat membantunya menghadapi turnamen bergengsi itu. Selain gelar, perubahan pada pola pikir akan memberi pengaruh banyak.

"Tahun ini jauh banyak peningkatan bukan hanya dari hasil, tapi juga dari diri saya pribadi. Saya merasa, terlebih di saat akhir November dan Oktober 2023, lebih sedikit dewasa," kata dia.

Selain itu, Jonatan melewati tahun ini dengan hasil yang cukup meyakinkan. Pebulu tangkis berusia 26 tahun tersebut total meraih tiga gelar penting, masing-masing dua dari Super 500 BWF dan satu dari Super 750.

Dua gelar dari Super 500 didapatkan di Indonesia Masters 2023 dan Hong Kong Open 2023. Sementera itu, satu gelar Super 750 BWF dia rengkuh di Perancis Open 2023.

Jonatan mengakui bahwa selain kedewasaan, gelar-gelar besar yang dia dapatkan tahun ini merupakan hal positif yang bisa dia bawa untuk menghadapi BWF World Tour Finals 2023.

"Ya, pastinya dari tahun ini salah satu tahun yang cukup baik buat saya. Soalnya, tahun lalu sempat memimpikan final di Super 500 dan Super 750, tetapi selalu gagal," katanya.

Meskipun punya modal sangat positif, Jonatan tidak merasa berada di atas angin. Ia menilai peluang semua pemain di ajang ini pasti sama-sama besar.

"Sepertinya tidak terlalu mudah karena akan jauh lebih berat. Pemain-pemain yang bermain di World Tour Final 2023 juga pemain-pemain top delapan. Jadi, memang pasti akan seru," ucap dia.

Lima wakil lain yang ikut bersama Jonatan ke BWF World Tour Finals 2023 ialah duo ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Lalu, sektor tunggal putra juga ada Anthony Sinisuka Ginting. Nomor tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung. Terakhir, ada pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di ganda putri.

PBSI berharap banyak di sektor ganda putra serta tunggal putra dan putri dari enam wakil yang tampil di BWF World Tour Finals 2023.