Hasil BWF World Tour Finals 2023: Jonatan Christie Kalah, Harapan Wakil Indonesia ke Final Pupus
Jonatan Christie gagal ke final BWF World Tour Finals 2023 setelah kalah melawan Shi Yuqi (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA - Harapan Indonesia untuk ke final BWF World Tour Finals 2023 pupus sudah. Jonatan Christie yang menjadi tumpuan satu-satunya juga kandas di semifinal.

Jonatan kalah dari tunggal China, Shi Yuqi, dua gim langsung dengan skor 16-21 dan 15-21.

Pada awal gim pertama, laga berlangsung ketat hingga skor sama kuat 4-4. Shi Yuqi sempat menjauh 10-4 sebelum akhirnya Jonatan kembali menyamakan kedudukan 10-10.

Bahkan, Jojo, sapaan Jonatan Christie, mengambil interval dengan keunggulan 11-10. Selepas jeda, kejar-mengejar angka tak terelakkan.

Laga sempat kembali imbang 13-13 sebelum akhirnya Shi Yuqi melesat. Dia tak terkejar lagi dan selalu unggul hingga menyentuh game point 20-16.

Pada kesempatan pertama, tunggal peringkat ketiga dunia itu langsung menuntaskan perlawanan Jonatan dengan skor 21-16.

Pada gim kedua, laga ketat hanya tersaji di awal saat kedudukan 2-2. Setelah itu, Shi Yuqi menjauh dengan selisih telak 11-4 pada interval.

Jojo tak mendapatkan momen untuk mendekat. Selisih terdekatnya cuma dua poin saat tertinggal 14-16.

Shi Yuqi bisa terus menjaga keunggulan hingga akhirnya mendapatkan match point di kedudukan 20-15. Lagi-lagi, dia menuntaskan kesempatan pertamanya untuk menutup gim kedua dengan skor 21-15.

Tunggal China itu melangkah ke final BWF World Tour Finals 2023 untuk berjumpa pemenang antara Viktor Axelsen vs Anders Antonsen.

Sementara itu, Jonatan yang merupakan harapan terakhir Indonesia harus ikut pulang bersama rekan-rekannya.

Sebelumnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga kandas di semifinal melawan ganda China, Liang Weikeng/Wang Chang.

Pebulu tangkis Indonesia lain bahkan sudah gugur di babak grup. Gregoria Mariska Tunjung, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva, Anthony Ginting, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri hanya menempati urutan ketiga dan keempat grup.

Kegagalan itu memperpanjang catatan buruk Indonesia di BWF World Tour Finals. Sejak penyelenggaraan pada 2018, cuma satu pebulu tangkis Indonesia yang bisa menembus final dan juara.

Satu-satunya gelar BWF World Tour Finals di etalase Indonesia berasal dari kemenangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di nomor ganda putra. Mereka meraihnya pada edisi 2019.

Kegagalan wakil Indonesia mencapai partai puncak merupakan kali kedua. Sebelumnya, pebulu tangkis Indonesia tak ada yang mencapai final pada edisi pertama, BWF World Tour Finals 2018.