Indonesia Masters 2022 Siap Menggelora di Istora setelah 2 Tahun Vakum, Ajang Unjuk Gigi Para Bintang
Konferensi pers Indonesia Masters 2022. (Foto: Cosmas Kopong Beda/VOI)

Bagikan:

JAKARTA — Kejuaraan bulu tangkis Indonesia Masters 2022 sudah siap digelar. Ini bakal menjadi perang para bintang bulu tangkis dari 25 negara.

Kejuaraan berlevel BWF Super 500 itu akan berlangsung dari 7 sampai 12 Juni di Istora, Senayan, Jakarta. Ini pertama kalinya Istora menggelar acara bulu tangkis internasional setelah dua tahun vakum.

Indonesia Masters terakhir kali dihelat di Jakarta pada 2020 lalu sebelum pandemi COVID-19. Tahun lalu lokasi ajang ini di pindah Bali dalam sistem gelembung (bubble) bersamaan dengan Indonesia Open dan BWF World Tour Finals.

"Panitia penyelenggara sudah siap melaksanakan event Indonesia Masters 2022. Di mana tahun lalu, acara ini digelar di Bali. Tetapi tanpa penonton," ujar Ketua Panitia Pelaksana Indonesia Masters 2022 Alex Tirta, Senin, 6 Juni.

Tahun ini Indonesia Masters sudah membolehkan penonton menyaksikan langsung unjuk gigi pemain top dunia langsung dari stadion setelah tahun lalu nir penonton saat berlangsung di Bali.

Konferensi pers Indonesia Masters 2022.
Konferensi pers Indonesia Masters 2022. (Foto: Cosmas Kopong Beda/VOI)

 

Meski demikian sejumlah aturan ketat tetap diterapkan panitia untuk menjamin kesehatan bagi semua orang yang terlibat. Di beberapa titik, panitia bakal menyiapkan hand sanitizer untuk penonton yang datang.

Kemudian untuk panitia, ofisial, atlet, pelatih, dan perangkat pertandingan lainnya, panitia akan melakukan tes antigen. Langkah ini bertujuan menjaga kesehatan atlet yang berjuang di lapangan.

"Di tahun ini bagus sekali, COVID-19 di Indonesia sudah landai sehingga Istora bisa menyambut kembali para penonton dengan atmosfer yang memang sangat ditunggu-tunggu oleh penonton Indonesia. Banyak sekali yang akan kita laksanakan tentunya terutama adalah masalah kesehatan," kata Alex.

"Kami berharap bahwa event ini dapat menghibur para penonton karena seluruh pemain top dari 25 negara ikut bertanding. Termasuk pemain-pemain top Indonesia," ia melanjutkan.

Ajang Indonesia Masters 2022 bakal menjadi debut beberapa pemain nasional. Di antaranya Putri Kusuma Wardani yang akan memulai langkahnya dari babak kualifikasi dan ganda Yeremia Erich Rambitan/Pramudya Kusumawardana.

Selain itu, ajang ini juga menjadi comeback-nya ganda putra andalan Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sebelumnya Marcus absen di beberapa turnamen tahun ini karena harus menjalani pemulihan pasca operasi.