Rafael Nadal Jadi Petenis Tertua yang Menjuarai Prancis Terbuka: Saya Bisa Saja Pensiun Sebelumnya
Petenis Spanyol, Rafael Nadal, menjuarai Prancis Terbuka. (Foto: Twitter @rolandgarros)

Bagikan:

JAKARTA - Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal, mencatatkan rekor usai menjuarai Prancis Terbuka 2022, Minggu, 5 Juni. Dia menjadi petenis tertua yang menjuarai turnamen itu.

Nadal yang berusia 36 tahun, mengeser posisi Andrea Gimeno yang menjuarai Prancis Terbuka 1972 di usia 34 tahun.

Ini merupakan kemenangan ke-14 Nadal di Prancis Terbuka. Dia memperpanjang rekor 22 titel turnamen grand slam, unggul dua trofi dari Novak Djokovic dan Roger Federer.

Nadal sebenarnya sempat diragukan tampil akibat cedera lutut kronis yang dideritanya. Namun, dia akhirnya memutuskan tetap tampil.

"Saya tak tahu apa yang harus dilakukan terkait cedera ini. Jika saja bukan karena tim, keluarga dan semua orang yang ada di sekitar saya, saya bisa saja pensiun," ujar Nadal seperti dilansir Antara dari AFP.

"Saya tak pernah percaya bisa berada di sini, di usia 36 tahun, dan dapat kompetitif lagi. Berada di sini sangat berarti bagi saya. Ini membantu saya terus melaju," lanjutnya.

Nadal menjadi juara setelah mengalahkan Casper Ruud dari Norwegia. Dia menang dengan skor 6-3, 6-3, dan 6-0.

Ruud pun memberikan selamat kepada Nadal. Dia menyebut, lawannya itu adalah juara sejati.

"Ini pertama kali saya melawan Nadal, jadi sekarang saya tahu bagaimana menjadi korbannya, akan banyak lagi yang lain," ujar Ruud.

"Dia menjadi inspirasi sejati bagi saya. Kami semua berharap dia akan terus lanjut setelah ini," sambungnya.

Rafael Nadal sendiri belum tahu apa yang akan terjadi ke depan. "Namun, saya akan tetap bertarung mencoba untuk tetap bermain," tuturnya.