Bagikan:

JAKARTA – Pebalap tim Mercedes, George Russell, urung menjadi juara seri balap F1 GP Belgia yang digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps pada Minggu siang 28 Juli 2024. Pebalap asal Inggris tersebut didiskualifikasi lantaran bobot mobil yang dia kendarai kurang dari ambang batas minimum yang ditetapkan.

Jelas ini menjadi pukulan telak bagi Russell, yang seharusnya meraih podium juara untuk kali pertama dalam musim balap tahun ini. Dalam timbangan di akhir lomba, bobot mobil Mercedes F1 W-15 yang dia kendarai tercatat 1,5 kg lebih ringan dari berat minimum yang dilegalkan.

Dari dua kali timbangan pascabalap yang dilakukan, mobil Russell tercatat seberat 798 kg. Berat itu adalah bobot minimum yang diizinkan dalam balap F1. Namun dalam timbangan kedua yang dilakukan melalui prosedur pengurasan sisa bahan bakar, mobil Russell tercatat seberat 796,5 kg.

“Karena tercatat 1,5 kg di bawah bobot minimum yang ditetapkan dalam Regulasi Teknik pasal 4.1 yang mutlak dipenuhi selama kompetisi, maka masalah ini diserahkan ke Pengawas Lomba,” tulis Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) dalam pernyataan resmi mereka.

Russell akhirnya didiskualifikasi. Predikat juara pun dilimpahkan ke rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton yang finis di urutan kedua. Peringkat kedua diisi oleh Oscar Piastri dari McLaren, dan podium ketiga menjadi jatah Charles Leclerc yang menggeber Ferrari.