Bagikan:

JAKARTA - Max Verstappen mencatat waktu tercepat dalam sesi kualifikasi untuk Grand Prix Belgia. Namun pembalap Red Bull ini akan memulai balapan dari posisi ke-11 karena hukuman penalti 10 posisi akibat pergantian unit daya. Sebagai hasilnya, Charles Leclerc akan memulai balapan dari posisi terdepan.

Verstappen menunjukkan kecepatan yang mengesankan saat sesi berlangsung, dengan mencatat waktu terbaik 1 menit 53.159 detik, setengah detik lebih cepat dari Ferrari milik Leclerc. Sergio Perez juga tampil baik dengan menempatkan Red Bull-nya di posisi ketiga, mengungguli Lewis Hamilton dari Mercedes yang berada di posisi keempat.

Lando Norris dan Oscar Piastri masing-masing menempati posisi kelima dan keenam untuk McLaren, sementara George Russell dari Mercedes berada di posisi ketujuh.

Carlos Sainz meraih posisi kedelapan untuk Ferrari, diikuti oleh Fernando Alonso yang menempati posisi kesembilan di Aston Martin dan Esteban Ocon yang melengkapi sepuluh besar untuk Alpine.

Di posisi sebelas, Alex Albon hanya kalah tipis dari Q3 dengan selisih tiga ribu detik di Williams, sementara Pierre Gasly menyusul di posisi ke-12 untuk Alpine. Daniel Ricciardo berada di posisi ke-13 dengan RB, di depan Valtteri Bottas dari Kick Sauber di posisi ke-14 dan Lance Stroll – yang mobil Aston Martin-nya berhasil diperbaiki setelah kecelakaan FP3 – di posisi ke-15.

Pasangan Haas, Nico Hulkenberg dan Kevin Magnussen, mengalami hari yang mengecewakan, keduanya tersingkir di Q1 di posisi ke-16 dan ke-17, sementara Yuki Tsunoda juga tereliminasi di posisi ke-18, meskipun pembalap RB ini sudah dijadwalkan memulai balapan dari belakang karena penalti mesin.

Logan Sargeant berada di posisi ke-19 untuk Williams, sementara Zhou Guanyu dari Kick Sauber mengikuti di posisi ke-20