Hasil Kualifikasi F1 Jepang 2022: Pole Position Berpeluang Besar Menyegel Gelar Juara Dunia
Pebalap Red Bull Racing F1, Max Verstappen. (Foto: Instagram.com/@f1)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen berhasil meraih pole position setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi Formula 1 (F1) GP Jepang, di Sirkuit Suzuka pada Sabtu, 8 Oktober.

Verstappen mencatatkan waktu 1 menit 29,304 detik. Di belakang Verstappen, ada sang rival Charles Leclerc yang mencatatkan waktu 1 menit 29,314 detik atau hanya selisih 0,10 detik dari Verstappen.

Sejak kualifikasi pertama (Q1) Verstappen sudah menunjukan penampilan yang menjanjikan. Meski sempat tertinggal di awal-awal lap, tapi Verstappen mampu menyalip Yuki Tsunoda dari Alpha Tauri yang memulai Q1 di posisi terdepan.

Menjelang sesi Q1 berakhir, Sergio Perez berhasil merangsek ke urutan teratas usai unggul 0,8 detik dari Londo Norris. Posisi tersebut tak bertahan lama karena Verstappen kembali memimpin hingga Q1 selesai.

Pada sesi Q2 Verstappen masih mempertahankan posisi tercepat. Sementara rekan setimnya, Perez, merangsek naik ke tempat ketiga dan Sebastian Vettel mengamankan urutan kelima.

Berlanjut ke sesi Q3, tempat teratas Verstappen sempat direbut Leclerc dengan catatan waktu 1 menit 29,557 detik. Dia unggul 0,2 detik dari Sainz dan 0,4 detik dari Perez yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Akan tetapi tujuh menit jelang sesi berakhir, Verstappen lagi-lagi bisa merebut posisi terdepan dengan waktu 1 menit 29,304 detik. Catatan itu unggul dari milik Leclerc, Sainz, Perez, Alonso, Russel dan Hamilton.

Hingga sesi berakhir, Verstappen masih mampu mempertahankan posisinya sebagai yang tercepat.

Catatan ini membuatnya berpeluang besar menyegel gelar juara dunia F1 2022. Jika dia mempertahankan posisi terdepan hingga akhir balapan, pebalap asal Belanda ini bisa saja tak terkejar lagi dari para rivalnya.

Saat ini, Verstappen memimpin klasemen pebalap 2022 dengan 341. Dia unggul 104 poin dari Leclerc.