Berpeluang Segel Gelar Juara Dunia F1 2023 di Qatar, Verstappen: Ini Bisa Jadi Akhir Pekan yang Tak Terlupakan
Pebalap Red Bull Racing F1, Max Verstappen. (Foto: Twitter @redbullracing)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, bisa menyegel gelar juara dunia Formula One (F1) 2023 di Grand Prix (GP) Qatar, akhir pekan ini. Jika sukses, dia akan merebut gelar juara dunia tiga kali secara berturut-turut.

Verstappen hanya membutuhkan tiga poin lagi untuk memastikan gelar juara pada balapan sprint, Sabtu, 7 Oktober. Namun, itu harus tertunda jika rekan setimnya, Sergio Perez, sukses meraih enam poin lebih banyak dari poin pebalap asal Belanda itu.

Juara dunia F1 2021 dan 2022 itu telah memenangkan 13 balapan dan mengoleksi 400 poin di musim ini. Sementara Perez terpaut 177 poin.

"Meraih gelar juara pada Sabtu adalah tujuan utama kami dan mudah-mudahan ini akan menjadi akhir pekan yang tak terlupakan," kata Verstappen, dikutip dari AFP via Antara.

Red Bull Racing sendiri telah sudah memastikan gelar konstruktor. Status itu diamankan saat balapan F1 GP Jepang, akhir pekan lalu.

"Rasanya menyenangkan bisa menuju ke Qatar dengan mengamankan kejuaraan konstruktor," tutur Verstappen.

Pebalap berusia 26 tahun itu mengatakan cukup optimistis dan menantikan balapan di Qatar, namun ia menyebutkan balapan itu tak akan mudah karena cuaca di Qatar diprakirakan sangat panas.

"Trek di Qatar sungguh menyenangkan untuk dikendarai, namun ini akan menjadi akhir pekan yang berat bagi kami semua karena cuacanya akan sangat panas dan ini akan menjadi balapan yang menarik," kata Verstappen.

Setelah kemenangan dominannya di GP Jepang, Verstappen diperkirakan mampu melanjutkan performa maksimalnya meskipun sejumlah pesaing dari tim Ferrari, Mercedes, McLaren, dan Aston Martin juga memastikan untuk tampil dan mematahkan dominasi sang pemimpin klasemen.

Salah satu pembalap yang diperkirakan menjadi pesaing terberat di Qatar adalah juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton (Mercedes) yang merebut pole sekaligus gelar juara GP Qatar terakhir pada 2021.