Klasemen Asian Games 2023: Hanya Tambah Tiga Medali di Hari Ke-12, Kontingen Indonesia Melorot ke Posisi 13 
Karate menyumbang satu perunggu untuk Kontingen Indonesia di hari ke-12 Asian Games 2023. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kontingen Indonesia sukses menambah medali di ajang Asian Games 2023. Hingga Kamis, 5 Oktober malam pukul 22.00 WIB total ada tiga tambahan medali.

Ketiga medali itu terdiri dari dua medali perak dan satu medali perunggu. Tambahan tiga medali ini membuat Kontingen Indonesia total mengumpulkan 33 medali di hari ke-12, rinciannya adalah enam medali emas, 10 medali perak dan 17 medali perunggu. 

Dua medali perak di hari Kamis ini dipersembahkan secara bersamaan oleh cabor perahu naga tim putra dan putri. 

Turun di nomor 500 meter kedua tim berhasil keluar sebagai pemenang di urutan kedua.

Tim putri Indonesia finis di urutan kedua setelah kalah cepat dari China saat tampil di WZ Dragon Boat Centre. Dalam penampilan di partai final, tim perahu naga putri menempati line 4. 

Upaya untuk menjadi yang tercepat mendapat tantangan berat karena tim Indonesia diapit tuan rumah, China dan Korea Utara. Kendati begitu, Indonesia mampu menyelesaikan pertarungan dengan baik karena keluar sebagai juara kedua dan menyabet medali perak. 

Pencapaian tersebut menjadi catatan signifikan karena di Asian Games 2018, saat jadi tuan rumah tim perahu naga putri 500 meter gagal meraih medali.

Tim putra perahu naga  juga tak mau kalah memberikan persembahan untuk Indonesia. Dedi Saputra dan tim yang turun di nomor 500 meter berhasil menyelesaikan pertandingan di urutan kedua.

Dalam pertandingan di WZ Dragon Boat Centre, tim putra berhasil mencatatkan waktu 2 menit 09,165 detik. Catatan itu hanya kalah kalah 0,013 detik dari China yang menempati urutan pertama.

Dalam final perahu naga nomor 500 meter putra ini Indonesia berada di lane 4. Tim Merah Putih diapit tuan rumah China dan Thailand.

Satu medali perunggu hari ini disumbangkan oleh Ignatius Joshua. Mewakili cabang olahraga karate, Ignatius merebut medali perunggu setelah menumbangkan wakil karateka Filiphina, Alvin Batican.

Tampil di Lingping Sports Center Gym-Karate, Ignatius menang dengan skor akhir 5-3 saat turun di nomor kumite putra 75 kg. Perolehan ini juga menjadi persembahan ini juga menjadi perolehan medali perdana bagi cabor karate.