Klasemen Perolehan Medali Asian Para Games 2023: Tambah Satu Emas, Indonesia Merosot di Bawah Malaysia
Selebrasi Ni Made Arianti Putri setelah berhasil finis terdepan dalam pertandingan nomor 100m T12 putri para atletik Asian Para Games 2023. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kontingen Indonesia berhasil menambah raihan medali emas di Asian Para Games 2023 pada Selasa, 24 Oktober. Meski perolehan medali terus bertambah, tapi posisi Skuad Merah Putih di jajaran klasemen malah merosot di bawah Malaysia.

Satu medali kontingen Indonesia di hari ini dipersembahkan Ni Made Irianti Putri. Mewakili cabang olahraga paira atletik, Ni Made yang turun di nomor Women’s 100 meter T12 keluar menjadi yang tercepat.

Selain berhasil mempersembahkan medali emas ketiga untuk Indonesia, hasil yang didapat Ni Made Irianti Putri juga memecahkan rekor Asian Para Games dengan catatan waktu 12.52 detik.

Catatan waktu Ni Made Irianti Putri juga mengungguli perolehan waktu Shimran dari India dan Shen Yaqin dari China di posisi ketiga.

Kontingen Indonesia juga mampu mengoleksi enam medali lainnya yang terdiri dari tiga medali perak dan tiga medali perunggu pada Selasa, 24 Oktober.

Tiga medali perak itu sumbangan dari Eko Saputro cabor para atletik nomor men’s 100 meter T12, Ni Nengah Widiasih di cabor para powerlifting nomor women’s-45 kg dan Maulana Rifky Yavianda di cabor para swimming nomor men’s 100 meter butterfly S12.

Sedangkan untuk perolehan medali perunggu dipersembahkan Elsa Nur Fitriana di cabor lawn bowls nomor women single B3, Taufik Abdul Karim di cabor lawn bowls nomor men’s single B3 dan Hamida di cabor para table tenis nomer women’s single class 8.

Meski hari ini mengumpulkan satu emas, tiga perak dan tiga perunggu, tapi jumlah perolehan medali kontingen Indonesia merosot dari sebelumnya. Total 15 medali itu selisih satu dari yang dimiliki Malaysia di urutan ke delapan klasemen sementara.