Hasil Asian Para Games 2023: Indonesia Kini Koleksi Lima Medali Emas
Atlet blind judo Indonesia, Roma Siska Tampubolon. (Foto: Twitter/@Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Kontingen Indonesia menambah dua medali emas pada Rabu, 25 Oktober, siang WIB. Dua medali itu dipersembahkan atlet para atletik, Saptoyogo Purnomo, dan jagoan blind judo, Roma Siska Tampubolon.

Saptoyogo kembali mempersembahkan medali bagi kontingen Indonesia di Asian Para Games 2023. Medali emas kedua Saptoyogo ini menambah total perolehan emas kontingen Indonesia menjadi empat keping. 

Turun di nomor Men's 200m T37 di Hangzhou, China pada Rabu, 25 Oktober, Saptoyogo berhasil keluar sebagai juara dengan catatan waktu 23,34 detik. 

Atlet Indonesia itu mengalahkan Ali Yousef dari Saudi Arabia dengan catatan waktu 24,75 detik dan Shreyansh Trivedi dari India di posisi ketiga dengan durasi 25,26 detik. 

Selain berhasil mempersembahkan emas keempat bagi Indonesia, catatan waktu Saptoyogo juga memecahkan rekor Asian Para Games di nomor 200 meter. 

Sebelumnya rekor dipegang atlet China, Shang Guangxu di Asian Para Games 2014 dengan catatan waktu 23,41 detik.

Sementara Roma Siska berhasil menyabet medali emas bagi Indonesia, melalui nomor Women's +70 Kg J1. Ini untuk pertama kalinya, Tim Blind Judo Indonesia berhasil meraih emas dalam gelaran Asian Para Games. 

Bukan hanya Saptoyogo dan Roma Siska yang berhasil memberikan persembahan medali untuk Indonesia, pada Rabu, 25 Oktober siang ada juga tambahan tiga medali perunggu dari cabor lainnya. 

Tiga medali perunggu Indonesia itu diraih oleh Jaenal Aripin dari cabor Para Athletics nomor Men's 100m T54, Wahyu Retno Wulandari/ Mahda Aulia panahan Women's Double Recurve Open, dan Rahmad Hidayat dari cabor Para Table Tennis nomor Men's Single Class 6.

Perolehan sementara hingga pukul 12.00 WIB kontingen Indonesia masih berada di posisi kesembilan klasemen sementara di bawah Malaysia. Sejauh ini tim Merah Putih telah mengoleksi 4 emas, 5 perak, dan 10 perunggu.