Bagikan:

JAKARTA - Striker Manchester City Erling Haaland menyatakan kesiapannya kembali melakoni kompetisi musim 2024/2025. Namun dia memperingatkan pemain bakal terkuras stamina karena menjalani kompetisi yang panjang dan melelahkan.

Man City bakal menjalani tidak kurang 70 pertandingan di berbagai kompetisi musim ini. Juara Premier League Inggris ini sudah pasti berlaga di kompetisi domestik. Ini belum termasuk Piala FA dan Carabao Cup.

Selain itu, The Cityzens kembali menjalani rutinitas di Liga Champions. Musim lalu, mereka gagal mempertahankan gelar juara setelah disingkirkan Real Madrid di babak semifinal.

Tidak hanya melakoni kompetisi dengan jadwal padat, Haaland sudah pasti membela tim nasional Norwegia di kualifikasi Piala Dunia 2026 dan UEFA Nations League.

Haaland termasuk beruntung karena Norwegia tak pernah lolos kualifikasi selama diperkuatnya. Norwegia tak lolos Piala Dunia 2022. Mereka juga absen di Euro 2020 dan 2024. Ini menjadikan dirinya bisa berlibur saat yang lain tak punya waktu istirahat karena harus bertarung di turnamen besar.

Teranyar, dia hanya bisa menyaksikan koleganya di Man City seperti duo Inggris, Kyle Walker dan Phil Foden saling berhadapan dengan Rodri (Spanyol) di final Euro 2024.

"Selama Euro [2024] kami menyaksikan bagaimana para pemain mengalami kelelahan. Anda bisa melihat bagaimana level [permainan mereka]...Dari wajahnya terlihat mereka sudah sangat lelah dengan sepak bola," ucap Haaland seperti dikutip Mail Online.

"Menurut saya situasi sama bakal terulang musim ini. Sebagian pemain tak punya waktu banyak untuk berlibur. Kondisi seperti ini bakal kami hadapi," kata dia lagi memberi peringatan.

Haaland memprediksi pemain tidak selalu mencapai performa terbaik di setiap pertandingan. Pasalnya pemain memiliki waktu recovery yang tidak panjang. Bahkan saat ini tim-tim sudah melakoni berbagai uji coba. Man City sendiri berada di Amerika Serikat menjalani tur pramusim.

Sementara, Tottenham Hotspur terbang ke Asia untuk menghadapi tim-tim Jepang dan Korea Selatan. Mereka juga beruji coba melawan Bayern Munchen di Korsel.

"Saya perkirakan pemain tidak selalu mencapai performa terbaik di setiap pertandingan. Kami akan berusaha meski itu tidak mudah karena kami menjalani 70 pertandingan setiap musim," katanya.

"Anda harus bekerja keras untuk klub Anda. Dan, Anda harus berusaha dalam kondisi terbaik bagi mereka," ucap Haaland yang mengemas 90 gol selama 98 kali pertandingan bersama Man City sejak 2022.

Haaland direkrut Man City dari Borussia Dortmund. Selama dua tahun di Man City, dia sudah memenangi Premier League dua kali, Liga Champions sekali, Piala FA dan UEA Super Cup.

Manajer Pep Guardiola menyatakan Man City bakal kembali mengandalkan Haaland yang berada dalam kondisi lebih bugar dibandingkan pemain lain.

Pasalnya, penyerang berusia 24 ini mendapat waktu liburan lebih panjang karena Norwegia absen di Euro 2024. Ini memberi keuntungan bagi Man City dalam upaya memburu gelar juara Premier League lima kali berturut-turut.