Bagikan:

JAKARTA - Empat atlet panjat tebing Indonesia resmi bertolak menuju Olimpiade 2024 Paris dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Jakarta, pada Sabtu, 27 Juli dini hari WIB.

Olimpiade Paris sudah secara resmi dibuka pada Sabtu, 26 Juli malam WIB. Cabang olahraga (cabor) panjat tebing nomor speed pun untuk pertama kalinya dalam sejarah akan dipertandingkan di sana.

Indonesia bisa langsung mengisi empat kuota penuh untuk nomor tersebut. Keempat nama tersebut nanti masing-masing turun di nomor speed putra dan putri.

"Keempat atlet kami telah menjalani persiapan yang sangat matang. Mereka telah menyelesaikan berbagai program latihan untuk memaksimalkan kemampuan teknis dan fisik mereka," kata pelatih Hendra Basir dalam keterangan.

Empat atlet panjat tebing yang berangkat ke ajang olahraga paling akbar tersebut adalah Veddriq Leonardo, Rahmad Adi Mulyono, Rajiah Salsabillah, dan Desak Made Rita Kusumma Dewi.

Hendra mengatakan bahwa selain teknik dan fisik, mentalitas keempat nama yang berangkat ini juga sudah ditempa dengan bagus. Mental, kata dia, akan memainkan peran penting.

"Kami yakin dengan persiapan yang matang ini kami akan mencapai hasil yang memuaskan dan medali adalah target kami di Olimpiade Paris 2024," kata dia.

Keempat atlet Indonesia tersebut dijadwalkan akan berlaga di Olimpiade 2024 Paris pada tanggal 4–10 Agustus 2024 mendatang. Mereka dijagokan bisa membawa pulang dua keping medali emas dari ajang penting tersebut.

Panjat tebing memang salah satu unggulan Indonesia tahun ini bersama bulu tangkis dan angkat besi. Jadi, potensi Indonesia membuat sejarah cukup terbuka.