Daftar Pemain Timnas Indonesia U-20 di Skuad SEA Games 2023 Beserta Profilnya
Pemain Timnas Indonesia U-22 melakukan persiapan untuk ajang SEA Games 2023. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pelatih Tim Nasional Indonesia U-22, Indra Sjafri memasukkan sejumlah pemain timnas U-20 di skuad SEA Games 2023.

Usai Timnas Indonesia U-20 dibubarkan pada Sabtu, 1 April 2023 lantaran Piala Dunia U-20 batal digelar di Indonesia, Indra Sjafri mengambil tujuh pemain untuk dimasukkan ke Skuad SEA Games.

Nama-nama pemain timnas U-20 yang dibawa Indra Sjafri ke SEA Games diumummkan setelah drawing cabang sepak bola yang digelar Rabu, 5 April 2023 di Stadion Nasional Morodok Techno, Phnom Penh, Kamboja.

Daftar Pemain Timnas U-20 di Skuad SEA Games 2023

Dari tujuh pemain Timnas U-20 yang dimasukkan Indra Sjafri ke dalam skuad SEA Games, terdapat nama-nama yang kini berkarier di Eropa.

Berikut daftar pemain Timnas U-20 di skuad SEA Games 2023:

  • Daffa Fasya
  • Muhammad Ferarri
  • Dony Tri Pamungkas
  • Ahmad Maulana
  • Marselino Ferdinan
  • Hokky Caraka
  • Ronaldo Kwateh

Profil Pemain Timnas U-20 di Skuad SEA Games 2023

  1. Daffa Fasya

Daffa Fasya Sumawijaya merupakan kipper Timnas Indonesia U-20 yang bermain untuk klub Borneo FC.

Sebelum direkrut Borneo FC, Daffa adalah pemain binaan SSB Asag-Biha Majalengka.

Ketika Timnas Indonesia U-20 menjamu Suriah dalam ajang Piala Asia U-20 2023, Daffa berhasil menunjukkan penampilan gemilang. Ia berulang kali melakukan aksi penyelamatan di pertandingan tersebut.  

Berkat aksinya, Timnas Indonesia meraih kemenangan tipis dengan skor 1-0. Setelah laga usai, ia dinobatkan sebagai Man of the Match (MOTM).

  1. Muhammad Ferarri

Lahir di Jakarta 21 Juni 2003, karier profesional Muhammad Ferrari dimulai ketika ia bergabung dengan Jakarta Footbal Academy.

Saat usianya 13 tahu, ia sudah bermain untuk tim Sister City DKI Jakarta yang berlaga di kejuaraaan Tokyo dan Beijing.

Pengalamannya bertanding di level internasional membuat Ferrari masuk ke dalam Timnas Indonesia U-20.

Debut profesionalnya bersama Persija terjadi pada 24 September 2021 saat menghadapi Persela Lamongan pada gelaran Liga 1 2021/2022. Bersama Persija, Ferrari telah bermain sebanyak 6 kali.

  1. Doni Try Pamungkas

Karier profesional Doni Tri Pamungkas bermula ketia ia bergabung dengan tim Bina Taruna 2019.

Pesepakbola kelahiran Boyolali 11 Januari 2005 ini berhasil menembus Persija Jakarta Junior dan langsung dimainkan dalam ajang Elite Pro Academy Liga 1 U-18.

Berkat penampilannya yang apik, Dony dapat promosi ke tim utama Persija Jakarta. Bersama tim ibu kota, Dony sudah pernah menghadapi Persiraja, Arema FC, Madura United, Persebaya Surabaya, Barito Putera, dan Bali United.

Semenjak pertandingan uji coba Persija U-18 melawan Timnas Indonesia U-20, Dony langsung dihubungi sektim Timnas U-20 dan akhirnya ia mendapatkan Garuda Calling.

  1. Ahmad Maulana

Ahmad Maulana Syarif adalah pemain Timnas Indonesia U-20 yang bermain untuk Persija Jakarta.

Bermain sebagai gelandang serang, Ahmad Maulana Syarif jadi salah satu andalan Shin Tae Yong di lini tengah Timnas Indonesia U-20 pada ajang Piala Asia U-20 2023.

  1. Marselino Ferdinan

Pemilik nama asli Marselino Ferdinan Philipus ini merupakan punggawa Timnas Indonesia U-20. Ia lahir di Jakarta pada 9 September 2004.

Pada ajang Liga 1 musim 2021-2022, Marselino masuk dalam skuad Persebaya Surabaya. Debut yang dilakoni saat usianya 17 tahun bersama Persebaya terjadi kala bertanding melawan Persikabo. Gol pertama Lino ditorehkan saat menghadapi Arema Malang pada November 2021.

Marselino pernah maasuk dalam daftar 60 pemain muda dengan talenta terbaik di dunia versi The Guardian pada 2021.

  1. Hokky Caraka

Lahir di Gung Kidul, 21 Agustus 2004, Hokky Caraka Bintang Brilliant memulai karier sepakbolanya dengan masuk SSB Handayani. Setelah itu, ia melangkah ke Persopi Piyungan pada 2018.

Dua tahun kemudian, Hokky berhasil menembus skuad PSS Sleman. Sejak saat itu, selama dua musim beruntun, ia sering bolak-balik ke Garuda Select dan PSS Sleman.

Karena berhasil menyuguhkan penampilan apik, Hokky masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Ia membukukan empat gol di turnamen kelompok umur Asia Tenggara tersebut.

  1. Ronaldo Kwateh

Lahir di Bantul, 19 Oktober 2004, Ronaldo Kwateh merupakan punggawa Timnas U-20 yang bermain untuk klub Bodrumspor AS, klub sepak bola yang berbasis di kota Bodrum Turki.

Sebelumnya, Ronaldo Kwateh pernah memperkuat Madura United, PSIS Semarang, Persib Bandung, Persiba Bantul, PSCS Cilacap, dan PSIM Yogyakarta.

Demikian informasi tentang pemain timnas Indonesia U-20 di skuad SEA Games 2023. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.