Profil Fajar Fathur Rahman, Winger Timnas U-22 yang Puncaki Daftar Top Scorer di Ajang SEA Games
Winger Timnas Indonesia U-22 Fajar Fathur Rahman. (Foto via Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Fajar Fathur Rahman saat ini tengah menjadi perbincangan. Winger Timnas Indonesia U-22 ini disorot karena berhasil membukukan cacatan impresif di SEA Games Kamboja 2023.

Fajar memuncaki daftar top skor sementara cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023.

Kepastian itu didapat setelah anak asuh Indra Sjafri mengalahkan Timor Leste dengan skor 3-0 pada laga ketiga Grup A yang digelar Minggu, 7 April 2023.

Dalam pertandingan tersebut, Fajar berhasil mencetak dua gol. Dengan demikian, Fajar sudah membukukan empat gol dalam empat laga. Dua gol lainnya ia cetak ke gawang Filipina dan Myanmar.

Dengan koleksi empat gol tersebut, Fajar kini memuncaki daftar top skor sementara SEA Games 2023 bersama mesin gol Vietnam, Nguyen Van Tung.

Lantas, seperti apa sosok Fajar Fathur Rahman? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Profil Fajar Fathur Rahman

Fajar Fathur Rahman merupakan pesepak bola kelahiran Manokwari, Papua Barat, 29 Mei 2002. Di klubnya saat ini, Borneo FC Samarinda, Fajar sejatinya adalah seorang bek kanan. Akan tetapi, pada SEA Games 2023, Indra Sjafri selaku pelatih timnas U22 Indonesia mengubah posisi Fajar menjadi winger atau penyerang sayap.

Fajar memulai kariernya dengan memperkuat tim Liga 3, PS Bina Taruna. Setelah itu, ia bergabung dengan akademi Persib Youth dan Kalteng Putra Youth.

Pada tahun 2019, Fajar mengikuti program Garuda Select. Dari situ namanya mulai mencuat hingga akhirnya dipanggil timnas U-19 asuhan Bima sakti.

Fajar yang menjadi bagian skuad Garuda Muda dalam ajang Piala AFF U-19 2019, menyumbang dua gol kala Timnas U-19 berhadapan dengan Filipina dan Malaysia. Dalam ajang tersebut, Timnas U-19 berhasil finis di urutan ketiga.

Fajar sempat bergabung dengan akademi sepak bola ASAD 313 sebelum akhirnya dikontrak Borneo FC pada tahun 2020. Dia melakoni debut di ajang Piala Menpora 2021 dengan catatan tiga kali bermain.

Pada musim perdananya di Liga 1, Fajar mencetak satu assist dari 11 pertandingan. Musim berikutnya, Fajar membukukan dua gol dan satu assist dari 25 kali penampilan di Liga 1 2022-2023.

Dengan performa yang apik di SEA Games 2023, Fajar Fathur Rahman kemungkinan akan mendapatkan banyak menit bermain ketika mengarungi kompetisi Liga 1 musim depan.

Demikian informasi tentang profil Fajar Fathur Rahman, winger timnas U-22 yang puncaki daftar top scorer SEA Games 2023. Baca terus VOI.ID untuk mendapatkan berita menarik lainnya.