Jurgen Klopp Mundur, Begini Reaksi Pemain Liverpool
Manajer Liverpool Jurgen Klopp sudah menyampaikan rencana mundur kepada pemain sebelum mengumumkannya. (X/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Manajer Liverpool Jurgen Klopp ternyata sudah menyampaikan rencana mundur setelah berakhirnya kompetisi musim 2023/2024. Meski kecewa, namun pemain menunjukkan reaksi yang mengundang pujian dari Klopp. Pemain juga tetap fokus menyelesaikan kompetisi.

Klopp mengumumkan pengunduran dirinya pada Jumat, 26 Januari 2024. Hanya, manajer asal Jerman ini tidak langsung meletakkan jabatan setelah sembilan tahun mengarsiteki The Reds. Dirinya baru mundur usai kompetisi.

Mundurnya Klopp jelas mengejutkan fans dan membuat mereka terpukul. Pasalnya selama di Anfield, Klopp sukses mengangkat prestasi Liverpool.

Klopp berhasil membawa The Kop turut mengakhiri dominasi rival bebuyutan Manchester United dan memenangi Liga Champions untuk kenam kalinya. Selanjutnya, Liverpool meraih titel Premier League Inggris. 

Bila fans merasa terkejut, sebaliknya pemain menunjukkan sikap profesional saat menerima kabar mundurnya sang manajer.

"Saya sebetulnya sudah bicara dengan beberapa pemain. Selanjutnya, saya bicara dengan yang lain setelah mengumumkannya," kata Klopp.

"Kami punya ikatan yang kuat. Pemain tak bertanya soal mundurnya saya. Mereka tetap bersikap profesional," ujarnya.

Klopp terkesan dengan sikap mereka yang tidak membocorkan kabar itu. Sebaliknya pemain tetap fokus pada kompetisi. Terbukti Liverpool sukses menduduki puncak klasemen Premier League.

Mereka juga melangkah ke final Carabao Cup dan bertahan di Piala FA maupun Liga Europa. Peluang Liverpool meraih quadruple ata empat trofi dalam satu musim masih terbuka.

"Kesepakannya dengan pemain adalah satu tahun (sejak awal tahun lalu). Kami sudah memenuhinya tahun ini. Pemain benar-benar dalam suasana yang sangat bagus," ucap Klopp

"Saya tak suka bila ada pemain yang kemudian pergi dugem setelah saya mengatakan hal itu kepada mereka. Pemain tetap menjalani latihan seperti biasa. Ini berbeda bila manajer dipecat," katanya lagi

Setelah Klopp mengumumkan mundur, pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso langsung menjadi kandidat. Hanya mantan pemain Liverpool ini menyatakan bahagia di Leverkusen.

Sementara, Klopp sendiri menyampaikan tidak akan terlibat dalam penentuan calon penggantinya.

Berbeda dengan Sir Alex Ferguson yang tetap dimintai masukan dan bahkan menentukan siapa yang menjadi manajer Manchester United. Penunjukan David Moyes yang menggantikannya merupakan andil besar Ferguson.

"Tentu tidak, mengapa saya harus melakukannya. Di dunia sepak bola, Anda bisa melihat manajer yang melakukan pekerjaan secara luar biasa. Tetapi Anda jarang menyaksikan kinerjanya. Jadi, saya tidak akan melakukan dan tidak bisa," kata eks pelatih Borussia Dortmund ini.

"Klub punya struktur organisasi yang kuat dan bagus. Mereka bekerja demi yang terbaik untuk Liverpool. Meski ada yang butuh masukan, saya tidak akan melakukannya," ucapnya.