Jurgen Klopp Lebih Tertarik Latih Madrid atau Barcelona ketimbang Timnas Jerman
Manajer Liverpool Jurgen Klopp lebih memilih menangani Real Madrid atau Barcelona. (X/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, pernah dikaitkan bakal menjadi pelatih Timnas Jerman. Namun, Klopp ternyata lebih tertarik menangani Real Madrid atau Barcelona.

Klopp pernah disebut akan menangani Timnas Jerman selepas dari Liverpool. Kabar itu sudah muncul saat Die Mannschaft masih dipegang Joachim Loew.

Namun, saat Loew meletakkan jabatan usai Euro 2020, Klopp tetap di Anfield. Loew sendiri digantikan Hansi Flick yang tak bertahan lama. Flick diberhentikan dan posisinya diambi alih Julian Nagelsmann.

Kini, Klopp kembali disebut bakal ke Timnas Jerman setelah menyatakan mundur dari Liverpool usai kompetisi musim ini. Namun, pria yang sebelumnya mengarsiteki Borussia Dortmund ini kurang tertarik melatih Nationalelf.

Klopp, menurut Football Insider, lebih berminat menangani Madrid atau Barcelona bila dirinya kembali melatih tim.

Bila melatih Timnas Jerman, Klopp memperkirakan Die Mannschaft tidak akan meraih gelar juara dalam rentang waktu singkat. Apalagi, Klopp memang butuh waktu membangun tim solid dan tangguh.

Ini yang menjadikan Klopp lebih memilih menangani klub. Hanya saja, dirinya tidak akan langsung mendapatkan klub baru setelah mundur dari Liverpool. Klopp ingin beristirahat lebih dulu selama satu tahun dan kemudian baru kembali ke klub.

Klopp sendiri tidak pernah melatih klub dalam tempo pendek. Dirinya menangani Dortmund selama tujuh tahun. Hasilnya, Klopp membawa Die Borussen memenangi dua titel Bundesliga, Piala Jerman, dan mencapai final Liga Champions 2023.

Saat pindah ke Liverpool, Klopp juga meraih sukses meski harus menunggu sampai tahun ketiga sebelum meraih titel juara.

Dirinya memenangi trofi Liga Inggris, Piala FA Cup, Carabao Cup, Liga Champions, UEFA Super Cup, dan FIFA Club World Cup atau Piala Dunia Antarklub.

Musim ini, Liverpool masih berpeluang memenangi empat trofi, yaitu Liga Inggris, Piala FA, Liga Europa, dan Carabao Cup.

Terkait dengan Barca, Klopp juga sudah disebut bakal menggantikan Xavi Hernandez yang mengundurkan diri usai kompetisi.

Namun, dirinya kemungkinan tidak langsung datang ke Barca karena ingin beristirahat lebih dulu.