Pekerja SpaceX Hampir Kehilangan Kaki Akibat Kecelakaan di Pabrik Elon Musk
Elon Musk sering kali bertindak ceroboh di pabrik SpaceX (foto: x @elonmusk)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pekerja SpaceX hampir mengalami amputasi kaki saat bekerja di pabrik miliarder Elon Musk di Washington.

Insiden itu dimulai ketika gulungan material jatuh dan menghancurkan kaki seorang pekerja dan berujung pada denda 3.600 dolar AS (Rp56,3 juta) dari pihak regulator— bersama dengan tidak kurang dari 600 cedera sebelumnya yang tidak dilaporkan yang ditemukan akhir tahun lalu, termasuk lebih dari seratus kasus dengan kerusakan parah dan setidaknya satu kematian.

Laporan investigatif oleh Reuters itu menghitung empat gegar otak, 17 kasus di mana tangan atau jari-jari 'hancur,' delapan yang memerlukan amputasi, lima elektroskusi, 29 kasus dengan tulang patah atau terkilir, dan banyak lagi.

Namun, meskipun tingkat cedera pekerja SpaceX jauh di atas rata-rata industri antariksa, perusahaan Musk hanya dihadapkan pada denda pemerintah kurang dari 51.000 dolar AS (Rp798,4 juta), ini ibaratnya setetes air dalam ember jika dibandingkan dengan 11,8 miliar dolar AS (Rp184,7 triliun) kontrak NASA yang dinikmati SpaceX sejak berdiri pada tahun 2002.

Salah satu mantan karyawan yang tidak puas, Travis Carson, telah menggambarkan 'konsep keselamatan SpaceX adalah: "Kami akan membiarkan Anda memutuskan apa yang aman bagi Anda," yang sebenarnya berarti tidak ada akuntabilitas.'

Seorang pekerja SpaceX lainnya mengaitkan cedera di tempat kerja yang terbaru — 'hampir amputasi' di situs Redmond — dengan pejabat keselamatan yang tidak 'mempunyai pemahaman bacaan maupun kompetensi keseluruhan untuk menerapkan rencana keselamatan.'

Sekarang, seorang pengacara yang membantu pekerja kontrak di pabrik itu mengatakan kepada DailyMail.com bahwa ada bukti Tesla tampaknya telah menyampaikan laporan kecelakaan dan kematian yang kurang kepada pemerintah.

Musk sendiri terkadang terlihat santai tentang keselamatan saat berkunjung ke situs SpaceX: Empat karyawan mengatakan dia kadang-kadang bermain dengan semburan api novelty.

“Selama bertahun-tahun, Musk dan deputinya menganggap hal itu 'lucu' untuk mengibaskan semburan api di sekitar, menembakkannya dekat dengan orang lain dan tertawa 'seolah mereka berada di sekolah menengah,” kata seorang insinyur.

Musk membuat cuitan pada tahun 2018 bahwa semburan api itu 'dijamin akan menyemarakkan setiap pesta!' “Di SpaceX, Musk bermain dengan perangkat tersebut di pengaturan kantor yang rapat,” kata insinyur itu, yang pada satu titik khawatir Musk akan membakar rambut seseorang.

Tahun lalu, sebuah surat terbuka yang ditulis oleh beberapa karyawan SpaceX mengkritik perilaku Musk sebagai 'sumber gangguan dan malu.'

Namun beberapa di SpaceX telah berbicara dengan sangat baik tentang efisiensi yang datang dengan sedikit birokrasi di bawah kepemimpinan Musk.

“Ada sejumlah peraturan yang dibuang oleh SpaceX, yang memungkinkannya untuk bergerak lebih cepat,” kata mantan insinyur perusahaan Chris Cunnington, yang bekerja di situs McGregor, Texas.

Meskipun peran integralnya dalam pendanaan SpaceX, sebesar 11,8 miliar dolar AS dalam kontrak, NASA tidak memberikan komentar tentang catatan keselamatan perusahaan Musk.

Tapi agensi antariksa AS mengatakan bahwa tetap mempertahankan kekuatan untuk menegakkan ketentuan kontrak yang mengharuskan SpaceX untuk menerapkan 'program dan budaya keselamatan yang kuat dan efektif.'