Samsung Akan Luncurkan Chromebook dengan Tombol Google Assistant
Samsung Galaxy Chromebook Go punya tombol Google Assistant (foto: dok. Samsung)

Bagikan:

 

JAKARTA – Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik yang memproduksi perangkat berbasis ChromeOS. Baru-baru ini, Samsung diketahui sedang mengembangkan versi terbaru Chromebook.

Meski tak pernah diungkapkan, Chromebook yang sedang dikembangkan oleh Samsung muncul di dalam daftar pengembangan perusahaan. Berdasarkan temuan Chrome Unboxed, perangkat Chromebook ini diberi kode ‘Xol’.

Ada yang menarik dari pembuatan Chromebook Samsung kali ini. Berbeda dari seri Chromebook lainnya, perangkat terbaru ini akan mendapatkan tombol Asisten khusus di keyboard. Saat diklik, tombol tersebut akan mengarah ke Google Assistant.

Penambahan tombol Assistant in sangat menarik karena tak banyak Chromebook yang memiliki tombol langsung ke asisten virtual. Sejauh ini, hanya ada tiga perangkat yang memiliki dukungan Assistant, yaitu Pixelbook, Pixelbook Go, dan Pixel Slate.

Ketiganya merupakan produk buatan Google sehingga tak heran jika perusahaan tersebut menambahkan tombol Assistant. Dengan begitu, Samsung akan menjadi perusahaan pertama yang merilis perangkat Chromebook dengan tombol Assistant.

Selain menambahkan dukungan Assistant, Samsung  akan menggunakan prosesor Intel Raptor Lake. Artinya, komputer tersebut akan menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-13 atau ke-14, hal ini belum bisa dipastikan.

Samsung terakhir kali meluncurkan Galaxy Chromebook Go pada tahun 2021. Dengan menyertakan tombol Assistant, Samsung mungkin akan membawa banyak perubahan di perangkat Chromebook yang sedang mereka kembangkan.