Bagikan:

JAKARTA – Google meluncurkan ChromeOS 129, pembaruan perangkat lunak untuk Chromebook, pada Rabu, 2 Oktober. Sistem operasi (OS) terbaru ini menyertakan banyak peningkatan, termasuk fitur baru. 

Melalui halaman Komunitas Chromebook, Google mengatakan bahwa versi ChromeOS 129 akan menghadirkan tombol Quick Insert. Fitur ini akan mengatasi kebutuhan pengguna dengan cepat, seperti mengedit teks yang sedang ditulis, menambahkan tautan URL, dan lainnya. 

Salah satu fitur yang akan ditambahkan ke Quick Insert adalah Help Me Write. Alat berbasis model Kecerdasan Buatan (AI) Gemini ini bisa digunakan untuk menyusun teks baru dengan cepat, mengubah emoji atau GIF, pencarian file di Google Drive, dan masih banyak lagi. 

"Tombol Quick Insert diluncurkan secara eksklusif di Samsung Galaxy Chromebook Plus, tetapi pengguna Chromebook yang ada dapat menggunakan fitur tersebut dengan pintasan keyboard," kata Google. 

Meski saat ini fiturnya masih eksklusif, Google berencana memperluas fiturnya ke lebih banyak laptop tahun depan. Kemampuan baru ini akan disertakan ke dalam Chromebook biasa dan Chromebook Plus. 

Google juga menambahkan kemampuan untuk mengontrol kecerahan cahaya dengan mudah di Chromebook. Melalui OS terbaru ini, pengguna bisa menyesuaikan kecerahan layar dan mengontrol sensor cahaya secara langsung melalui aplikasi Pengaturan. 

"Fitur baru ini memungkinkan Anda mengatur kecerahan layar ke tingkat yang tepat dan mengaktifkan atau menonaktifkan sensor cahaya sekitar sesuai kebutuhan di aplikasi Setelan. Pembaruan ini mempermudah penggunaan perangkat dan membantu mengelola masa pakai baterai," ungkap Google. 

Masih banyak fitur lainnya yang Google tambahkan ke ChromeOS 129. Pengguna akan mendapatkan fitur Live Translate, mendapatkan alat untuk mengontrol kecerahan keyboard, pintasan papan ketik dengan pilihan bicara, hingga faktor autentikasi berupa PIN.