Ke Mana Jurgen Klopp Berlabuh?
Jurgen Klopp menjadi incaran banyak klub (nstagram/@liverpoolfc).

Bagikan:

JAKARTA - Jurgen Klopp pergi dari Liverpool pada akhir musim ini. Sejumlah pelabuhan baru menanti manajer asal Jerman itu.

Ada rumor menyebut Klopp akan ke Spanyol untuk menukangi Barcelona setelah Xavi Hernandez memastikan mundur ketika musim ini berakhir.

Hingga kini, langkah Klopp belum jelas meski Xabi Alonso menjadi favorit untuk menggantikannya di Anfield.

Dia tetap teguh dalam pendiriannya menolak menukangi klub lain di Inggris dan menyatakan akan mengambil setidaknya satu tahun untuk istirahat.

"Tidak ada klub, tidak ada negara untuk tahun depan. Tidak ada klub Inggris lainnya."

"Bahkan, jika saya tidak punya apa-apa untuk dimakan, itu tidak akan terjadi," kata Klopp di The Sun.

Meski menegaskan untuk istirahat selepas musim ini berakhir, rumor tetap beredar. Sejumlah klub bahkan tim nasional sangat potensial menjadi tujuan baru manajer asal Jerman itu.

Timnas Inggris

Kontrak Gareth Southgate di Timnas Inggris saat ini akan berakhir pada akhir tahun ini. Euro 2024 akan menjadi turnamen besar keempatnya.

Menggantikan Southgate di kursi kemudi The Three Lions memungkinkan Klopp tetap di Inggris tanpa harus menghadapi Liverpool.

Hanya saja, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sudah mengusung suksesor Southgate, yaitu Lee Carsley yang saat ini menangani Inggris U-21. Carsley punya kans besar menggantikan Southgate setelah ia menolak kesempatan menjadi manajer Timnas Republik Irlandia.

Timnas Jerman

Klopp dirumorkan menjadi arsitek Timnas Jerman. Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) memecat Hansi Flick pada September 2023 sebelum memberikan kontrak jangka pendek kepada Julian Nagelsmann hingga akhir Euro 2024.

Hal itu memungkinkan Klopp, yang mengakui energinya sudah tidak setinggi dulu, untuk melepaskan diri dari intensitas manajemen klub sehari-hari.

Real Madrid

Situasi manajerial Real Madrid menjadi lebih baik setelah Carlo Ancelotti menandatangani kontrak baru pada Desember 2023.

Dia telah banyak dikaitkan dengan pekerjaan di Brasil sebelum menandatangani perpanjangan hingga tahun 2026.

Los Blancos saat ini berada di belakang pemimpin kejutan La Liga 2023/2024, Girona.

Kegagalan memenangi liga atau Liga Champions musim ini bisa membuat perhatian klub beralih ke Klopp yang menganggur pada musim panas.

Barcelona

Barcelona berada dalam situasi penuh tekanan. Legenda klub, Xavi Hernandez, memutuskan mundur pada akhir musim ini usai kekalahan 3-5 dari Villareal di La liga 2023/2024.

Meski menjuarai liga musim lalu, Xavi ternyata sudah frustrasi, apalagi ada kemungkinan Barcelona gagal meraih trofi musim ini.

Blaugrana di peringkat keempat La Liga 2023/2024 dan terpaut 11 poin dari pemimpin klasemen. Kabarnya klub sudah memasukkan nama Klopp sebagai calon potensial pengganti Xavi.

Borrusia Dortmund

Sebelum menjadi Manajer Liverpool pada 2015, Klopp menghabiskan tujuh tahun memimpin Borussia Dortmund.

Selama waktu itu, ia memenangi gelar liga berturut-turut dan mencapai final Liga Champions.

Dortmund kini dikelola oleh mantan asisten West Ham, Edin Terzic.

Die Borussen saat ini berada di peringkat keempat klasemen. Mereka secara dramatis kehilangan gelar musim lalu dan saat ini tertinggal 13 poin dari pemimpin klasemen, Bayer Leverkusen.