Luton Selamat, Sheffield United Kian Dekat ke Championship
Striker Elijah Adebayo mengangkat tiga jari setelah mencetak hattrick yang membawa Luton Town menang 4-0 atas Brighton and Hove Albion. (X/@LutonTown)

Bagikan:

JAKARTA - Tim papan bawah, Luton Town dan Sheffield United, memetik hasil berbeda di pertandingan Premier League Inggris. Luton sukses membantai Brighton and Hove Albion sehingga selamat untuk sementara waktu. Sedangkan Sheff. United kian dekat ke Championship.

Persaingan di zona degradasi tidak kalah ketat dan panas. Everton kembali ke zona merah setelah menelan kekalahan dua kali berturut-turut. Sebaiknya, Luton akhirnya keluar dari ancaman degradasi.

Saat melakoni laga ke-21 di kompetisi domestik, Luton secara mengejutkan membantai Brighton 4-0 dalam duel di Stadion Kenilworth Road, Rabu, 32 Januari 2024 dini hari WIB.

Di laga itu, penyerang lokal Elijah Adebayo mencetak hattrick yang membawa Luton keluar dari zona degradasi.

Bagi Luton ini merupakan kemenangan kedua secara berturut-turut. Sebelumnya, mereka mengalahkan Everton 2-1 dalam duel sesama tim zona merah.

Kemenangan atas Brighton menjadikan Luton naik satu strip dengan menduduki peringkat 17. Klub berjuluk The Hatters berhasil mengoleksi 19 poin. Mereka unggul satu poin dengan Everton yang turun ke posisi 18.

Luton juga berpeluang menjauh dari ancaman degradasi karena masih menyimpan satu pertandingan.

Sementara, Brighton mengalami penurunan posisi. Kini, mereka berada di posisi delapan dengan poin 32. Posisi The Seagulls digeser Newcastle United yang sukses menggulung Aston Villa 3-1.

Di laga itu, Luton mendapat bantuan dari gol cepat Adebayo. Penyerang berusia 26 ini membuka kemenangan tim setelah membobol gawang Brighton saat laga baru berjalan satu menit.

Sundulan Adebayo dari jarak dekat yang menyambut assist Carlton Morris langsung membuat suporter bersorak.

Gol itu membuat permainan Brighton berantakan. Terbukti hanya berselang dua menit, kiper Brighton Jason Steele sudah dua kali memungut bola di gawangnya.

Kali ini, pemain sayap Chiedozie Ogbene yang berhasil lolos dari jebakan offside dan kemudian melepaskan tendangan ke gawang tim tamu.

Luton kian tak terbendung. Gelandang Ross Barkley memberikan assist kepada Adebayo untuk memantapkan keunggulan tuan rumah di menit 42. Skor berubah menjadi 3-0 saat Luton menutup babak pertama.

Di babak kedua, tuan rumah tak menurunkan tempo permainan. Serangan Luton akhirnya membuahkan hasil. Adebayo mencetak gol ketiga yang melengkapi hattrick di menit 56.

Luton pun mengakhiri laga dengan keunggulan 4-0. "Saya merasa sangat senang dengan hasil ini. Kami memang harus mengawali laga dengan menyerang. Dan dua gol dalam dua menit tentu menjadi awal yang tepat," kata Adebayo.

"Kami harus berusaha mempertahankan performa di laga berikutnya," ucapnya.

Pada pertandingan lain, Sheff. United gagal menang meski dua kali unggul saat melawan tuan rumah Crystal Palace. Sheff. United akhirnya harus mengakui keunggulan Palace yang mampu membalikkan keadaan menjadi 3-2.

Kemenangan atas Sheff. United menjadikan Palace naik ke peringkat 14 dengan poin 24. Mereka unggul enam poin dengan Everton yang berada di zona degradasi.

Sementara, Sheff. United kian terbenam di dasar klasemen. Sheff. United hanya mendapatkan poin 10 yang menyulitkan mereka keluar dari zona degradasi.

Bila gagal menambah poin, Sheff. United sudah pasti bakal kembali ke Divisi Championship musim depan.