Pramudya Kusumawardana Resmi Jadi Pelatih Klub Bulu Tangkis di Australia
Pramudya Kusumawardana (kanan) saat meraih medali emas SEA Games 2023 bersama Yeremia Rambitan (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Pramudya Kusumawardana resmi menjadi pelatih sebuah klub bulu tangkis di Australia setelah dua bulan memutuskan mundur dari Pelatnas PBSI Cipayung.

Klub dimaksud ialah Elite Badminton Academy (EBA) Australia. Klub tersebut mengumumkan Pram menjadi pelatih di akademi mereka melalui unggahan di Instagram, Senin, 29 Januari 2024.

"Tuan dan puan, kami tahu kalian sudah menanti. Dia telah tiba. Mempersembahkan pelatih kepala baru EBA Pramudya Kusumawardana," demikian tulis Elite Badminton Academy dalam keterangan postingan mereka.

"Sebuah kebanggaan dan kegembiraan memperkenalkan secara resmi Pram sebagai pelatih kepala baru kami. Pram dan Ramadiansyah Andika secara bersama kini akan membentuk tim pelatih kami yang baru 'Prama'," lanjut bunyi pernyataan itu.

Pram memutuskan meninggalkan Pelatnas PBSI Cipayung pada ujung tahun 2023. Ia resmi melepas pasangannya Yeremia Rambitan karena ingin melanjutkan kuliah ke Australia.

Ia mengutarakan alasan merasa tidak mampu bersaing mendapat tiket Olimpiade Paris 2024. Selain itu, dia juga membicarakan ihwal kesehatan mental saat mengumumkan minggat.

Saat bersama Yeremia, Pram sempat mempersembahkan tiga medali emas SEA Games. Dua emas didapat di nomor ganda putra pada 2022 dan 2023, sementara satu lainnya dari nomor beregu putra pada 2023.

Kepergian Pram membuat Yeremia sekarang berpasangan dengan Rahmat Hidayat. Mereka akan bermain di Thailand Masters 2024 yang berlangsung pekan ini.