Menang Mudah Lawan Sheffield United, Liverpool Kembali Geser Arsenal
Pemain Liverpool merayakan gol Alexis Mac Allister (nomor 10) di laga melawan Sheffield United. (X/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool merebut kembali posisi puncak klasemen setelah menang mudah 3-1 atas Sheffield United di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Anfield, Jumat, 5 April 2024 dini hari WIB.

Liverpool memang diuntungkan dengan hasil imbang Manchester City melawan Arsenal. Saat Arsenal kehilangan poin penuh usai menahan Man City 0-0, Liverpool berhasil memanfaatkannya merebut posisi puncak setelah mengalahkan Brighton and Hove Albion 2-1.

Arsenal memang sempat merebut kembali takhta klasemen setelah meraih kemenangan 2-0 atas Luton Town, Namun Liverpool menunjukkan konsistensi dengan kembali menggeser rivalnya.

Hasil itu menjadikan persaingan memperebutkan titel liga kian ketat. Liverpool, Arsenal dan Man City saling geser. Persaingan ini diprediksi berlanjut sampai akhir kompetisi yang tinggal menyisakan beberapa pertandingan lagi.  

Kemenangan atas Sheff. United menjadi sangat penting bagi Liverpool. Mereka tidak hanya merebut kembali singgasana klasemen setelah mengantungi poin 70. Atau unggul dua poin dengan Arsenal yang turun ke peringkat dua.

Keberhasilan itu menjadi modal berharga The Reds saat melakoni laga berikutnya melawan Manchester United dalam North West Derby di Old Trafford, akhir pekan ini.

Meski MU masih berkutat di papan tengah, namun mereka tetap berstatus tim elite dan derby bergengsi itu bakal membuat pasukan Erik ten Hag habis-habisan. Apalagi, The Red Devils masih menaruh harapan masuk zona Liga Champions.

Laga perempat final Piala FA menjdi bukti sahih bagaimana semangat pantang menyerah mereka setiap kali bertemu rival bebuyutan. MU yang sudah tertinggal mampu membalikkan keadaan dan secara dramatis menang 4-3 atas Liverpool.

Dalam laga melawan Sheff. United, Liverpool masih terlalu kuat dan menunjukkan dominasi.

Bahkan Sheff. United yang musim depan kemungkinan besar terdegradasi dan bakal berkompetisi di Championship, tak mampu mencetak gol ke gawang Liverpool.

Satu-satunya gol mereka yang tercipta pun lewat bunuh diri pemain Liverpool, Conor Bradley. Gol itu tercipta di babak kedua atau tepatnya di menit 58 saat Liverpool mendapat tekanan.

Dia hendak membuang bola dari sundulan pemain Sheff. United Gustavo Hamer. Namun Bradley justru melakukan kesalahan dan bola meluncur ke gawang sendiri.

Gol bunuh diri Bradley menyamakan skor menjadi 1-1. Sebeiumnya, tim asuhan Jurgen Klopp unggul lewat Darwin Nunez.

Dirinya memanfaatkan kesalahan kiper Ivo Grbic yang bermaksud membuang bola. Hanya bola menjadi liar dan kemudian disambut Nunez yang berhasil mengonversi menjadi gol.

Setelah gol itu, Liverpool tetap menguasai permainan. Bahkan ball possession mereka mencapai 80%. Hanya saja serangan The Kop tak mampu menambah gol sehingga skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Sheff. United kemudian menyamakan kedudukan. Namun Liverpool tak goyah. Mereka tak mengurangi tekanan terhadap The Blades.

Usaha pemain The Kop tak sia-sia. Kesabaran mereka membuahkan gol saat gelandang Alexis Mac Allister membobol gawang Sheffield United di menit 76.

Dirinya menyelesaikan assist Luis Diaz dengan baik. Gol yang mengubah skor menjadi 2-1 itu langsung meruntuhkan moral tim tamu.

Liverpool dengan mudah mengendalikan permainan dan tinggal menunggu waktu untuk menambah gol.

Tendangan bebas McAllister nyaris memperbesar keunggulan bila tidak membentur tiang gawang. Begitu pula peluang Harvey Elliot masih gagal.

Namun pemain depan Luis Diaz tidak gagal saat menyambut umpan silang bek Andrew Robertson. Sundulannya sukses menaklukkan Grbic di menit 90.

Skor berubah menjadi 3-1 untuk Liverpool. Tidak ada lagi gol dan Liverpool memenangkan laga itu sekaligus membenamkan Sheff. United di dasar klasemen dengan poin 15. Sedangkan Liverpool kembali ke puncak.