Brighton and Hove Albion vs Arsenal: Lebih dari Sekadar Samai Rekor Tak Kebobolan
Kapten Arsenal Martin Odegaard dan Bukayo Saka jadi andalan di laga melawan Brighton and Hove Albion. (X/@Arsenal)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal berambisi menyamai rekor tak pernah kebobolan selama lima laga tandang saat menghadapi tuan rumah Brighton and Hove Albion di Stadion Amex, Sabtu, 6 April 2024, malam WIB. Namun, laga itu lebih dari sekadar perburuan rekor karena ada misi krusial perebutan titel Liga Inggris 2023/2024.

Arsenal bakal menyamai rekor klub yang tak kebobolan selama lima pertandingan tandang. Rekor itu diukir The Gunners musim 1996/1997.

Saat itu, Arsenal bermain imbang tanpa gol melawan Leeds United dan Tottenham Hotspur dalam The North London Derby. Selanjutnya, mereka mengalahkan Everton, Southampton, dan Chelsea tanpa pernah kebobolan.

Arsenal di bawah Manajer Mikel Arteta pun sudah menorehkan catatan mengesankan karena tak kebobolan saat melawan West Ham United, Burnley, Sheffield United, dan Manchester City.

Laga terakhir dengan skor imbang 0-0 menjadikan Arsenal menjaga persaingan dengan Liverpool yang memimpin klasemen.

Bila kembali tak kebobolan saat melawan Brighton maka Arsenal menyamai rekor itu. Namun, klub London Utara ini tak sekadar memburu rekor.

Kemenangan menjadi sangat penting karena akan membawa Arsenal kembali ke puncak dan berusaha mempertahankannya sampai akhir kompetisi. Ini yang menjadi target Arteta untuk Arsenal.

Arsenal memang masih tertahan di peringkat kedua dengan poin 68. Martin Odegaard dan kolega terpaut dua poin dari Liverpool yang menang 3-1 atas Sheffield United di laga midweek. Sementara, Man City yang menduduki peringkat tiga memiliki poin 67.

Arsenal bakal merebut posisi puncak bila mengalahkan Brighton. Mereka juga berharap Liverpool kehilangan poin saat menyambangi Old Trafford untuk menghadapi rivalnya, Manchester United, dalam The North West Derby.

"Jarak poin sangat dekat. Jadi, kita lihat saja berapa poin yang diraih setelah pertandingan terakhir liga. Saya yakin kami punya peluang bagus," kata Manajer Mikel Arteta.

"Kami memang belum berada di atas. Kami harus bisa meraih kemenangan dan kemenangan. Hanya itu satu-satunya kesempatan yang harus dilakukan sampai akhir kompetisi," ujarnya.

Pada laga melawan Brighton, Arteta tetap bisa menurunkan Bukayo Saka yang mengalami cedera saat melawan Man City. Dia pun absen saat Arsenal menang 2-0 atas Luton Town.

Sementara gelandang Declan Rice dan Jorginho, striker Gabriel Martinelli, bek Jakub Kiwior bakal menjadi pilihan pertama.

Arteta melakukan rotasi pemain di laga sebelumnya dengan tidak memainkan Rice, Jorginho, dan Gabriel. Kini, mereka disiapkan menjadi starter.

Sementara, Brighton kehilangan pemain sayap andalan Kaoru Mitoma yang cedera punggung. Gelandang Billy Gilmour yang cedera lutut juga bakal absen sampai Mei 2024.

Lalu, mantan striker Arsenal Danny Welbeck akan menjadi pilihan pertama di depan. Joao Pedro kemudian bermain di belakang Welbeck.

Tim asuhan Robert De Zerbi memang kurang konsisten. Ini yang menjadikan mereka lebih banyak berkutat di papan tengah.

Pada dua laga tandang terakhir, mereka kalah 1-2 melawan Liverpool dan bermain imbang 0-0 saat dijamu Brentford.

Namun, The Seagulls punya rekor bagus di laga kandang. Mereka hanya sekali imbang dan empat kali menang selama lima laga terakhir di kandang sendiri. Ini menjadi modal berharga untuk menghadapi Arsenal.

Hanya saja, kali ini Brighton menghadapi tim yang on fire dan berambisi meraih titel Liga Inggris untuk kali pertama sejak 20 tahun lampau. Motivasi tinggi Arsenal bisa memaksa Brighton menelan kekalahan di kandang sendiri.

Prakiraan Susunan Pemain

Brighton and Hove Albion (4-2-3-1): Verbruggen; Veltman, Van Hecke, Dunk, Igor; Baleba, Gross; Enciso, Pedro, Adingra; Welbeck

Arsenal (4-3-3): Raya; White, Saliba, Gabriel, Kiwior; Jorginho, Rice, Odegaard; Saka, Havertz, Martinelli